GoTo Punya Pusat Informasi Terintegrasi untuk UMKM, Ini Layanannya

GoTo Punya Pusat Informasi Terintegrasi untuk UMKM, Ini Layanannya

ADVERTISEMENT

Year In Review 2022

GoTo Punya Pusat Informasi Terintegrasi untuk UMKM, Ini Layanannya

Atta Kharisma - detikInet
Minggu, 15 Jan 2023 10:01 WIB
GoTo
Foto: GoTo
Jakarta -

GoTo terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha menengah kecil mikro (UMKM) di Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi salah satu langkah memperkuat posisi UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia.

Di 2022, GoTo semakin membuktikan komitmennya memberdayakan UMKM dengan meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo. Situs ini merupakan pusat informasi terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang.

Di sini para UMKM, termasuk belasan juta mitra usaha di ekosistem GoTo, dapat mengakses bermacam-macam informasi, mulai dari program, solusi hingga inisiatif ekosistem GoTo untuk mendukung pertumbuhan usahanya.

"Kini pelaku UMKM dapat semakin mudah mengetahui seluruh informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari GoTo, cukup dengan mengunjungi situs Mitra Usaha GoTo. Harapan kami, informasi yang tersedia dalam situs tersebut dapat membantu pelaku UMKM meningkatkan produktivitas sera mengembangkan usaha," ujar Chief of Corporate Affairs GoTo Nila Marita.

Sejalan dengan visi GoTo mendorong kemajuan, Nila menegaskan perusahaan akan terus berinovasi dan menghadirkan solusi bisnis paling komprehensif bagi pelaku usaha, khususnya UMKM. Lebih lanjut, Nila mengatakan peluncuran Mitra Usaha GoTo sekaligus untuk mendukung transformasi digital sebagai kunci pemulihan ekonomi nasional.

Situs Mitra Usaha GoTo menghadirkan berbagai layanan untuk para pelaku usaha di antaranya:

1. Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan

GoKasir.

2. Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS.

3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.

4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.

5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Tak hanya itu, para pelaku UMKM juga akan menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan. Baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

Manfaat Mitra Usaha GoTo bagi Pelaku UMKM

Mitra Usaha GoTo membuktikan perannya dalam menyokong pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia. Hal ini turut dirasakan oleh pemilik Space Roastery, William Christiansen.

William mengatakan setiap solusi bisnis yang ia gunakan dalam ekosistem GoTo sangat membantu Space Roastery baik dari sisi penjualan, operasional, program loyalitas, hingga pembayaran online.

Edukasi keuangan dari Moka

GoToGoTo Foto: GoTo

"Space Roastery dapat meningkatkan penjualan hingga 143% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini tentu tidak lepas dari peran solusi digital ekosistem GoTo. Kami berharap situs web Mitra Usaha GoTo ini dapat terus memudahkan pelaku usaha menemukan solusi digital yang tepat untuk kembangkan bisnisnya, serta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi antar pelaku usaha melalui kelas dan komunitas di ekosistem GoTo," paparnya.

Di sisi lain, saat peluncuran Mitra Usaha GoTo Agustus lalu, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Talkah Badrus mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo untuk UMKM.

"Selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20 2022, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pasca pandemi. Kami mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo ini," tuturnya.

Website Mitra Usaha GoTo diharapkan dapat semakin membantu UMKM dalam mendapatkan informasi, edukasi, dan inspirasi untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar. Untuk mengoptimalkan dampak positif bagi pelaku usaha, GoTo terus berkolaborasi dengan pemerintah dan regulator melalui berbagai program.

GoTo telah melaksanakan kelas pengembangan UMKM, melalui GoTo UMKM Centre dan kelas Maju Digital hingga inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi), yang merupakan kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB).

Inovasi website Mitra Usaha GoTo merupakan bagian dari upaya GoTo dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Untuk itu, detikcom memberikan penghargaan kepada GoTo sebagai Platform Digital Pendorong Ekonomi 2022 dalam detikcom Year In Review 2022.

Download PDF report di sini.



Simak Video "Konferensi Maju Digital: Komitmen GoTo Dukung UMKM Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT