Bersama UMKM, GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi di Indonesia

Bersama UMKM, GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi di Indonesia

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Bersama UMKM, GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi di Indonesia

Atta Kharisma - detikInet
Minggu, 15 Jan 2023 09:36 WIB
GoTo
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengakibatkan dampak yang signifikan terhadap perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Merosotnya sektor perdagangan dan pariwisata selama pandemi juga memukul perekonomian di Tanah Air.

Namun di balik tantangan tersebut, Indonesia menemukan kekuatan baru pada usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM). Terbukti, selama pandemi UMKM berhasil menjelma sebagai motor yang mendukung kestabilan serta pemulihan ekonomi di Indonesia.

Melihat potensi yang besar itu, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) mengadakan serangkaian kegiatan untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Tak hanya membantu UMKM di Tanah Air naik kelas, GoTo melalui sejumlah inisiatifnya juga mempersiapkan para pejuang ekonomi lokal ini naik kelas.

Apa saja yang telah dilakukan GoTo untuk mengembangkan potensi UMKM di Indonesia sepanjang 2022? Berikut ulasannya.

Mitra Usaha GoTo

Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM, GoTo meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo. Situs ini merupakan pusat informasi terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang, termasuk belasan juta mitra usaha yang tergabung dalam ekosistem GoTo.

Situs ini menyediakan berbagai informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari ekosistem GoTo untuk diakses oleh para pelaku UMKM.

"Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha agar dapat tumbuh bersama-sama dengan bantuan teknologi digital. Situs web Mitra Usaha GoTo menjadi penegasan misi GoTo untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya dalam setiap fase pertumbuhan," tutur Chief Corporate Affairs GoTo Nila Marita dalam keterangan tertulis.

"Selain itu, peluncuran situs web Mitra Usaha GoTo juga menandai salah satu dukungan kami terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, yang mengangkat peran transformasi digital sebagai kunci pemulihan ekonomi nasional," sambungnya.

Digitalisasi UMKM bersama Kemenparekraf

Di 2022, GoTo juga secara aktif berkolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mendorong pelaku ekonomi kreatif, termasuk UMKM dan content creator di berbagai daerah berekspansi ke dalam ekosistem digital.

GoTo berpartisipasi dalam sejumlah program strategis Kemenparekraf, di antaranya program Kajian Ekonomi, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), dukungan lewat layanan online food delivery GoFood, layanan pembayaran elektronik GoPay hingga layanan livestreaming interaktif GoPlay.

Sandiaga Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Dukungan Inovasi Teknologi GoTo

GoToIstimewa

Chief of Public Policy and Government Relations GoTo Shinto Nugroho menyampaikan sebagai penggerak roda perekonomian di Indonesia, UMKM dan pelaku ekonomi kreatif berperan besar dalam menyerap tenaga kerja. Karenanya, GoTo berkomitmen menjadi andalan mitra usaha di berbagai daerah untuk mengembangkan usahanya.

"Melalui beragam produk dalam ekosistem kami yang telah melayani jutaan orang, UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dapat lebih memperluas jangkauan pasarnya. Sejalan dengan semangat #BangkitBersama, GoTo mengajak seluruh masyarakat, termasuk pelaku industri kreatif di daerah untuk tetap optimistis dan semangat untuk dapat bertumbuh melalui berbagai program dan inovasi teknologi yang disediakan ekosistem GoTo," paparnya.

"Kami berharap kerja sama ini dapat menciptakan mitra usaha yang berjaya, berdaya, dan berkontribusi pada ekonomi lokal bahkan nasional," tandas Shinto.

Beragam upaya yang dilakukan GoTo dalam memberdayakan UMKM sebagai roda penggerak perekonomian nasional membuatnya memperoleh penghargaan sebagai Platform Digital Penggerak Ekonomi dalam detikcom Year in Review 2022.

Download PDF report Year in Review 2022 di sini.



Simak Video "Go Digital, Pasar Tradisional di Jawa Barat Jangkau Pelanggan Hingga Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT