Pegawai Meta Ungkap Situasi Genting Saat Zuckerberg PHK 11 Ribu Orang

Pegawai Meta Ungkap Situasi Genting Saat Zuckerberg PHK 11 Ribu Orang

ADVERTISEMENT

Pegawai Meta Ungkap Situasi Genting Saat Zuckerberg PHK 11 Ribu Orang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 26 Nov 2022 12:24 WIB
Kantor Meta
Suasana kantor Meta saat Mark Zuckerberg lakukan PHK. Foto: Getty Images
Jakarta -

Baru-baru ini, Meta selaku induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp, memberhentikan atau PHK sekitar 11 ribu karyawan. Seorang karyawan Meta pun berkisah bagaimana situasi internal perusahaan saat kejadian tersebut.

"Saya ingin bertanggung jawab atas keputusan ini dan bagaimana kami sampai di sini. Saya tahu ini sulit untuk semua orang, dan saya terutama minta maaf kepada mereka yang terkena dampak," sebut pendiri Facebook dan CEO Meta, Mark Zuckerberg mengenai PHK itu.

Nah, seorang karyawan yang berkisah secara anonim membeberkan saat-saat terjadinya PHK. "Desas-desus PHK massal telah ada sejak musim panas, dipicu jatuhnya harga saham, tapi itu hanya rumor, atau begitulah kami duga. Kami tak pernah membayangkan akan ada hari seperti itu," kisahnya seperti dikutip detikINET dari Outlookindia, Sabtu (26/11/2022).

Ternyata hari itu benar-benar tiba, berita Meta akan PHK massal sudah tersebar luas. Perasaan gelisah dan cemas pun menyeruak di antara para karyawan. Mereka jadi sulit konsentrasi kerja karena menunggu apakah aman atau ikut diberhentikan.

"Aku akhirnya tertidur sekitar tengah malam, namun bangun bangun jam 3.10 pagi. Itu dia, surat Zuck yang memberitahu kami tentang PHK. Kami sudah tahu, tetapi skalanya sangat besar. Sekitar 11.000 karyawan di-PHK. Aku tak bisa tidur setelah itu," cetusnya.

Karyawan cemas siapa yang akan kena. Dalam email berikutnya, diumumkan nama-nama yang di-PHK. "Email itu akhirnya tiba sekitar pukul 6 pagi. Aku lolos. Reaksi pertama adalah sangat lega tapi tak berlangsung lama. Banyak teman dan kolega yang terkena dampaknya. Kami diminta bekerja dari rumah hari itu," tambahnya.

Dia mencari tahu apakah teman-temannya aman. Banyak yang kehilangan pekerjaan meskipun mereka merupakan orang-orang berbakat dan pintar.

"Walau pesangonnya murah hati, PHK ini jadi pukulan bagi semua orang, tetapi situasinya sangat sulit bagi mereka yang memiliki visa kerja. Mereka punya 60 hari untuk mencari pekerjaan. Jika tidak dapat, mereka harus balik," lanjutnya.

"Akan memakan waktu beberapa hari, bahkan mungkin berminggu-minggu atau berbulan-bulan, untuk kembali normal. Meski begitu, bayangan akan hal ini akan tetap ada pada semua orang di Meta dan lainnya," pungkasnya.



Simak Video "Isu Mark Zuckerberg Akan Lengser Tahun Depan Dibantah Jubir Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT