Dosa Mark Zuckerberg di Balik PHK 11 Ribu Karyawan Meta

ADVERTISEMENT

Dosa Mark Zuckerberg di Balik PHK 11 Ribu Karyawan Meta

Tim - detikInet
Minggu, 13 Nov 2022 06:02 WIB
Mark Zuckerberg Meta
Mark Zuckerberg PHK 11 ribu karyawan Meta. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Meta, perusahaan yang membawahi Instagram, Facebook, dan WhatsApp, telah PHK 11 ribu karyawan. Mark Zuckerberg selaku sang bos mengakui ada kesalahan strategi darinya yang berujung pada melemahnya Meta.

"Pada awal Covid, dunia dengan cepat beralih ke online dan kenaikan e-commerce memicu pertumbuhan pendapatan sangat besar. Banyak orang memperkirakan ini akan jadi akselerasi permanen yang akan terus lanjut, bahkan usai pandemi berakhir," tulis Zuck dalam suratnya ke karyawan Meta.

"Saya melakukannya juga, jadi saya membuat keputusan untuk meningkatkan investasi kami secara signifikan. Sayangnya tak berjalan seperti yang saya harapkan. Perdagangan online tak hanya kembali ke tren sebelumnya, tetapi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan kehilangan iklan telah menyebabkan pendapatan kami jauh lebih rendah dari yang saya perkirakan. Saya keliru dan bertanggungjawab untuk itu," tambah dia.

Seperti kebanyakan perusahaan teknologi, Meta secara agresif merekrut karyawan baru selama pandemi untuk memenuhi lonjakan penggunaan media sosial lantaran pengguna harus di rumah saja selama lockdown.

Akan tetapi bisnis telah menurun tahun ini karena pengiklan dan konsumen mengurangi pengeluaran lantaran lonjakan kenaikan harga barang dan jasa, serta suku bunga yang meningkat pesat.

"Saya ingin bertanggung jawab atas keputusan ini dan bagaimana kami sampai di sini. Saya tahu ini sulit untuk semua orang, dan saya terutama minta maaf kepada mereka yang terkena dampak." lanjut Mark Zuckerberg.

"Ini adalah saat yang menyedihkan, dan tidak ada jalan lain untuk itu. Kepada mereka yang pergi, saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi atas semua yang telah Anda berikan ke tempat ini," tambah Zuck.

Bapak dua anak itu memastikan karyawan yang terkena dampak akan menerima 16 minggu gaji ditambah dua minggu tambahan untuk setiap tahun layanan. Meta akan menanggung asuransi kesehatan selama enam bulan.

Meta turut menanggung biaya perawatan kesehatan untuk karyawan beserta keluarga selama enam bulan. Karyawan yang terkena dampak juga akan menerima saham mereka yang ditetapkan pada 15 November.



Simak Video "Isu Mark Zuckerberg Akan Lengser Tahun Depan Dibantah Jubir Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT