Transaksi Tokopedia Nyam Naik 2 Kali Lipat di Q3-2022, Ini Buktinya

Transaksi Tokopedia Nyam Naik 2 Kali Lipat di Q3-2022, Ini Buktinya

ADVERTISEMENT

Transaksi Tokopedia Nyam Naik 2 Kali Lipat di Q3-2022, Ini Buktinya

Danica Adhitiawarman - detikInet
Senin, 14 Nov 2022 12:13 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Kategori makanan dan minuman terus menjadi favorit masyarakat sepanjang tahun di Tokopedia. Melalui inisiatif dan kampanye Tokopedia Nyam!, Tokopedia mempermudah masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan produk makanan dan minuman.

"Pada kuartal III 2022, produk seperti minuman, makanan sarapan, makanan jadi, makanan ringan dan makanan & susu Bayi merupakan kategori produk dengan peningkatan tertinggi dalam kampanye Tokopedia Nyam!," ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam keterangan tertulis, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, kampanye Tokopedia Nyam! tercatat telah meningkatkan pembelian hampir dua kali lipat di kuartal III 2022 dibandingkan dengan kuartal III 2021. Selain itu, transaksi di Tokopedia Nyam! pun naik lebih dari dua kali lipat di periode yang sama.

Di sisi lain, Tokopedia mencatat kecamatan dengan jumlah transaksi Tokopedia Nyam! tertinggi pada kuartal III 2022 berada di Kecamatan Lengkong (Bandung), Mulyorejo (Surabaya), Coblong (Bandung), Denpasar Selatan (Bali) dan Tambaksari (Surabaya).

Sedangkan untuk Kabupaten/Kota, jumlah transaksi Tokopedia Nyam! tertinggi berada di Makassar, Kabupaten Sidoarjo, Bandung, Medan, dan Surabaya.

"Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal, termasuk UMKM dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya dengan pemanfaatan teknologi. Harapannya agar produk lokal dapat terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia," ungkap Rizky.

Sementara itu, Njonja Moeda, UMKM asal Solo yang menjual onde-onde resep keluarga turun-temurun ini merasakan dampak dari kampanye Tokopedia Nyam!. Ia membuat inovasi produk dan memanfaatkan platform Tokopedia untuk mengikuti tren dan meluaskan pasar.

"Selain onde-onde rasa original, saya pun mulai mengembangkan berbagai varian rasa baru, seperti rasa almond, moka, keju hingga vegan," ujar perintis UMKM Njonja Moeda, Debby Natalia.

Debby mengatakan Tokopedia merupakan penyelamat usahanya di masa pandemi.

"Di 2020-2021, penjualan di toko offline kami turun drastis. Lalu kami mencoba untuk berjualan di Tokopedia, yang akhirnya bisa meningkatkan penjualan kami. Bahkan sekitar 80% omzet kami berasal dari Tokopedia," ungkapnya.

Peningkatan penjualan tersebut tidak terlepas dari aktifnya Debby menggunakan fitur dan kampanye di Tokopedia, seperti Tokopedia Nyam!. Ia mengikuti kampanye ini sejak tahun 2020, sehingga Njonja Moeda mendapat kepercayaan masyarakat.

Debby mengaku rating dan ulasan yang baik dari pembeli sangat membantu performa toko kami. "Selain itu, Tokopedia Nyam! adalah kampanye yang mampu mendorong omzet kami hingga mencapai 50%. Bahkan produk kami juga bisa mencapai Medan, Manado dan Makassar," pungkasnya.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT