Oracle Rilis Java 19, Begini Kecanggihannya

Oracle Rilis Java 19, Begini Kecanggihannya

ADVERTISEMENT

Oracle Rilis Java 19, Begini Kecanggihannya

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 01 Okt 2022 16:45 WIB
Ilustrasi Oracle
Foto: Dok. Oracle
Jakarta -

Oracle merilis bahasa pemrograman dan platform pengembangan terbarunya, yaitu Java 19, atau tepatnya Oracle JDK 19. Apa yang baru?

Java 19 dijanjikan punya ribuan peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan, termasuk peningkatan pada platform yang akan membantu para developers meningkatkan produktivitas dan mendorong inovasi di seluruh bisnis.

Kemampuan Java 19 ini juga akan dipamerkan Oracle di gelaran JavaOne 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat, 17-20 Oktober mendatang.

"Seiring dengan perecepatan upaya transformasi digital yang terjadi secara terus menerus saat ini, komunitas developer akan berperan penting dalam perjalanan ini," kata Davian Omas, Managing Director, Oracle Indonesia.

"Dengan Java 19, kami bertujuan untuk memberikan perkembangan dalam perusahaan di Indonesia melalui inovasi terbaru ini untuk membantu mereka membuat aplikasi dan layanan inovatif untuk generasi bisnis berikutnya," tambahnya.

Java Development Kit (JDK) terbaru menyediakan pembaruan dan peningkatan dengan tujuh Enhancement Proposals JDK (JEP). Sebagian besar pembaruan ini akan dihadirkan sebagai fitur pratinjau tindak lanjut yang meningkatkan fungsionalitas yang diperkenalkan pada versi sebelumnya.

JDK 19 memberikan peningkatan bahasa dalam proyek OpenJDK Amber (Pola Rekam dan Pencocokan Pola untuk Switch); peningkatan perpustakaan untuk beroperasi dengan Kode non-Java (Fungsi Asing dan API Memori) dan memanfaatkan instruksi vektor (API Vektor) dari proyek OpenJDK Panama; dan pratinjau pertama untuk Project Loom (Utas Virtual dan Konkurensi Terstruktur), yang secara drastis akan mengurangi upaya yang diperlukan untuk menulis dan memelihara aplikasi bersamaan dengan throughput tinggi di Java.

Oracle memberikan Fitur Java baru setiap enam bulan melalui jadwal rilis yang dapat diprediksi. Pembaruan ini memberikan aliran inovasi yang stabil sambil memberikan peningkatan berkelanjutan pada kinerja, stabilitas, dan keamanan platform, membantu meningkatkan pervasive Java di seluruh organisasi dan semua skala industri.

Peningkatan signifikan di Java 19 ada di halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT