Riset YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Warga RI

ADVERTISEMENT

Riset YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Warga RI

Atta Kharisma - detikInet
Rabu, 07 Sep 2022 19:00 WIB
Logo Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Baru baru ini firma riset pasar dan analisis data berbasis internet YouGov mengumumkan daftar YouGov Recommend Rankings 2022. Dalam daftar tersebut, Tokopedia menduduki peringkat puncak sebagai brand yang paling direkomendasikan oleh masyarakat Indonesia.

Tokopedia meraih peringkat pertama dalam Recommend Rankings 2022 dengan skor 90,2 dari total masyarakat Indonesia yang ikut serta merekomendasikan brand Tokopedia ke orang lain. Sedangkan di peringkat kedua yakni Shopee dengan skor 88,6, disusul Samsung dan Apple dengan skor masing-masing 88,2 dan 87,9.

YouGov Foto: YouGov

Dilansir dari Marketing-Interactive, ada sejumlah faktor yang menentukan apakah seseorang akan merekomendasikan sebuah brand atau tidak. Di antaranya, pengalaman pelanggan, citra dan nilai merek, kepribadian serta emosional konsumen.

Sementara mengutip dari laman resmi YouGov, rekomendasi secara verbal atau yang dalam istilah marketing disebut word of mouth merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan eksposur suatu merek. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk/merek, dan memberitahukan produk/merek itu ke orang lain.

Cara ini dianggap ampuh karena orang-orang cenderung mempercayai rekomendasi dari seseorang yang mereka percaya dibanding iklan yang tidak relevan.

Sebagai informasi, YouGov Recommend Rankings dihitung menggunakan data yang dikumpulkan dari anggota pasar di seluruh dunia setiap hari melalui tools YouGov BrandIndex. Ranking ini didasari pada skor Rekomendasi positif YouGov BrandIndex yang mengukur persentase pelanggan brand yang akan merekomendasikannya kepada teman atau kolega.

Kinerja setiap brand dilacak dan dimonitor setiap hari berdasarkan berbagai metrik, dan peringkat Rekomendasi YouGov mengukur persentase pelanggan brand yang akan merekomendasikannya kepada teman atau kolega. Data peringkat dapat dikembangkan lebih lanjut dengan YouGov Recommend+ pendekatan baru untuk memahami advokasi konsumen.

(akn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT