Dear UMKM, Bongkar Rahasia Jualan Laris di Kelas Maju Digital Tokopedia

ADVERTISEMENT

Dear UMKM, Bongkar Rahasia Jualan Laris di Kelas Maju Digital Tokopedia

Erika Dyah - detikInet
Selasa, 12 Jul 2022 17:36 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia bersama Gojek dan GoTo Financial akan kembali menggelar Kelas Maju Digital (KMD) di pertengahan tahun 2022 ini. KMD kali ini akan mengangkat topik tentang 'Bongkar Rahasia di Balik Riset & Inovasi Produk Best Seller'.

Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari mengatakan pihaknya optimis antusiasme publik terhadap webinar KMD di bulan Juli hingga September 2022 ini akan lebih meningkat setelah pada 2021 lalu bisa mengedukasi lebih dari 1.000 pelaku UMKM.

"Di sini para seller bisa belajar untuk semakin mengenal target pasarnya, yang juga akan berpengaruh pada inovasi produk yang diciptakan. Dengan riset yang tepat, diharapkan dapat membantu memaksimalkan penjualan," jelas Nafisah dalam keterangan tertulis, Selasa (12/7/2022).

Selain pembahasan tentang riset dan inovasi produk, lanjut Nafisah, para seller juga bisa belajar cara efektif dalam operasional bisnis. Serta mengoptimalkan sosial media hingga marketing demi meningkatkan penjualan.

"Kami optimis dengan menyediakan wadah edukasi yang berwawasan luas, berguna, dan tentunya mudah diakses bagi para pelaku UMKM untuk berjaya di negeri sendiri kepada pelaku UMKM untuk berjaya di negeri sendiri," ungkapnya.

Melalui KMD ini, Nafisah mengatakan pihaknya memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pelaku usaha di Indonesia untuk beradaptasi lewat pemanfaatan teknologi. Khususnya demi mewujudkan komitmen nyata mendukung UMKM Indonesia dengan fokus mengedukasi para pelaku UMKM hingga publik.

"Kami berharap agar pendampingan dan pembekalan yang kami fasilitasi secara gratis di KMD ini, dapat membantu pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan bagi UMKM lokal demi terciptanya perekonomian nasional yang lebih mandiri," tuturnya.

Sebagai informasi, rangkaian Webinar KMD pada tahun 2021 lalu sukses mengedukasi lebih dari 1.000 pelaku UMKM Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang, Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Ia pun mengajak masyarakat dan para pelaku UMKM yang ingin mengikuti KMD untuk mendaftar secara gratis melalui link ini.

Sementara itu, pemilik Toko Jual Nori Online, Siti Juariyah yang merupakan salah satu peserta KMD 2021 mengaku banyak ilmu yang ia dapatkan setelah mengikuti webinar dengan pembicara UKM inspiratif.

"Pengalaman saya mengikuti KMD cukup mengubah pola pikir saya, yang semula sebagai penjual kini mendorong saya untuk meningkatkan kemampuan menjadi pengusaha. Para pelaku UKM sukses yang dihadirkan, juga membagikan kiat sukses dalam menjalankan bisnis, yang bisa saya terapkan untuk semakin mengembangkan toko saya," ujar Siti.



Simak Video "Tokopedia Care Hadir di Yogyakarta, Dukung Talenta Digital DIY"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT