Dukung AI, Biznet Gio Hadirkan Server dengan GPU Pertama di Indonesia

ADVERTISEMENT

Dukung AI, Biznet Gio Hadirkan Server dengan GPU Pertama di Indonesia

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Selasa, 28 Jun 2022 08:30 WIB
Biznet
Foto: Dok. Biznet
Jakarta -

Perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) semakin berinovasi. Ditambah lagi, banyaknya pertumbuhan tech company mendorong penerapan AI dan ML untuk otomatisasi proses bisnis guna meningkatkan kinerja produk dan layanan.

Berbagai pemanfaatan teknologi AI dan ML sudah tidak asing ditemukan, seperti pengoperasian perangkat yang bisa dilakukan jarak jauh, mobil bisa berjalan tanpa pengemudi, asisten virtual yang mampu memahami kebiasaan pengguna seperti yang terdapat pada gadget, bahkan AI juga bisa diterapkan untuk menganalisis dan mendeteksi penipuan yang terjadi dalam suatu transaksi.

Di Indonesia, penggunaan AI dan ML sudah banyak diterapkan dalam fitur face recognition, auto-correct keyboard, rekomendasi yang muncul pada mesin pencarian, hingga iklan yang dapat menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna. Berbagai keunggulan AI dan ML dapat dimanfaatkan untuk keperluan layanan umum, seperti PeduliLindungi hingga keperluan absensi dalam perusahaan.

Perkembangan AI dan ML tersebut tentunya perlu didukung oleh infrastruktur yang mumpuni. Untuk mempercepat pengembangan teknologi AI dan ML, Biznet Gio Cloud menghadirkan layanan bare metal server as a service, yakni NEO Metal yang memiliki pilihan spesifikasi lengkap dari CPU core dan RAM dedicated hingga pilihan GPU NVIDIA T4.

Adapun layanan bare metal server dengan NVIDIA T4 merupakan layanan pertama di Indonesia yang menghadirkan graphic processing unit (GPU) dengan arsitektur Tesla yang mampu memproses serta mendukung kebutuhan komputasi AI dan ML.

GPU NVIDIA T4 juga merupakan akselerator deep learning universal yang ideal untuk server bare metal dengan dukungan NVIDIA Turing™ Tensor Cores. NVIDIA T4 memiliki performa sangat tinggi untuk mempercepat deep learning, transcoding video, dan desktop virtual. Selain itu, sebagai bagian dari NVIDIA AI Platform, T4 juga mendukung semua framework AI serta mampu memberikan performa dan efisiensi untuk memaksimalkan kemampuan kecerdasan buatan.

Berbagai keunggulan GPU tersebut sudah dapat dicoba langsung pada layanan NEO Metal dengan komputasi dedicated yang menjamin privasi dan performa maksimal tanpa terganggu 'aktivitas tetangga' yang mungkin timbul apabila menggunakan layanan komputasi shared pada server virtual.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT