Biznet Gio Tantang Penyedia Cloud Global

Biznet Gio Tantang Penyedia Cloud Global

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 16:33 WIB
Biznet Gio
Foto: Dok. Biznet Gio
Jakarta -

Biznet Gio, anak perusahaan Biznet yang bergerak di bidang layanan komputasi awan (cloud computing), meyakini bisa bersaing dengan kompetitornya yang berskala global.

Keyakinan ini karena mereka mendapat empat sertifikasi berstandar internasional, yaitu ISO 9001 untuk manajemen mutu dan tiga sertifikasi untuk standar keamanan, yaitu ISO 27701, ISO 27017 dan ISO 27018.

Keempat sertifikasi tersebut turut melengkapi sederet sertifikasi yang sebelumnya telah diraih oleh Biznet Gio, mulai dari SOC 2 Type II, PCI-DSS hingga ISO 27001. Dengan berbagai sertifikasi ini, mereka mengklaim sebagai provider cloud lokal pertama di Indonesia yang punya sertifikasi terlengkap.

"Sebagai penyelenggara jasa komputasi awan (Cloud Computing) lokal, yang mempunyai misi untuk dapat bersaing dengan kompetitor berskala global, penting bagi kami untuk mempunyai standarisasi yang sama," ujar Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Kami berharap, melalui pencapaian ini kami dapat memperoleh kepercayaan yang lebih dari setiap pelanggan serta membantu mempercepat digitalisasi di berbagai industri di Indonesia," tambahnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, sebuah perusahaan perlu memenuhi berbagai persyaratan dan tahapan audit yang kompleks yang dilakukan secara berkala. Sertifikasi ISO 9001 misalnya, hanya dapat diraih jika sebuah perusahaan mampu memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal produk, kualitas, maupun kinerja.

"Kualitas layanan merupakan fokus utama kami. Dengan dukungan infrastruktur terbaik, cloud expert yang andal serta support yang responsif selama 24/7, kami memastikan setiap pelanggan mendapatkan layanan terbaik untuk mendukung kebutuhan bisnis mereka," ujar Dondy.

Selain kualitas, keamanan adalah faktor paling penting yang memengaruhi kepercayaan pelanggan, terlebih bagi Biznet Gio, sebagai penyedia layanan infrastruktur cloud untuk berbagai segmen industri perlu memikirkan standar keamanan terbaik.

Hal tersebut diwujudkan dengan diraihnya 3 sertifikasi keamanan yakni ISO 27701 yang merupakan standar internasional untuk membangun, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen Informasi Privasi (PIMS), sekaligus menjadi perpanjangan dari ISO 27001 yang telah dimiliki oleh Biznet Gio sebelumnya.

Peraihan sertifikasi ini juga turut membuktikan kredibilitas layanan Biznet Gio dalam pengelolaan, transparansi dan tanggung jawab terhadap penggunaan informasi pribadi. Sehingga, para pelanggan tidak perlu khawatir akan sistem manajemen privasi datanya, karena Biznet Gio akan terus meningkatkan sistem keamanan yang dimiliki.

Kemudian, 2 sertifikasi lainnya merupakan sertifikasi yang secara khusus ditujukan untuk penyedia layanan cloud, yakni ISO 27017 yang merupakan standar internasional untuk keamanan cloud dengan menerapkan panduan pengelolaan keamanan informasi pada cloud provisioning dan penggunaannya serta panduan tambahan yang relevan dengan ISO/IEC 27002. Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27017, sebuah perusahaan harus melewati audit pada beberapa aspek seperti:

  • Privacy: Berkomitmen untuk menjaga privasi data pribadi.
  • Confidentiality: Memastikan data hanya diakses oleh entitas atau pihak yang berwenang.
  • Integrity: Akurasi dan kelengkapan data.
  • Availability: Data hanya tersedia dan dapat diakses oleh pihak terkait dan memiliki wewenang.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kepercayaan pelanggan dan masyarakat luas terutama beberapa sektor industri yang sangat hati-hati dalam melakukan pengolahan dan penyimpanan data pelanggan. Jadi harapannya, Biznet Gio dapat membangun ekosistem layanan komputasi awan yang terintegrasi dan menyediakan layanan terlengkap dengan kualitas dan keamanan terbaik di Indonesia," tutup Dondy.



Simak Video "Jangan Berpikir Liar, Berkas Perkara Kasus di Kejagung Aman!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)