Apa Itu Fintech dan Manfaatnya

ADVERTISEMENT

Apa Itu Fintech dan Manfaatnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 18:48 WIB
4 Tren di 2021 yang Bisa Bikin Tambah Cuan,  Sudah Tahu?
Apa Itu Fintech dan Manfaatnya. Foto: Dok. ShopeePay
Jakarta -

Kata 'fintech' makin sering diucapkan di era sekarang. Sebenarnya apa itu fintech dan seperti apa manfaat yang diberikan oleh fintech? Eka Nilam Head of Acquisition Business Development Shopee Indonesia dalam acara 'Virtual Media Luncheon Bersama ShopeePay: Kupas Tuntas Uang Digital', Kamis (6/1/2022), mencoba menjelaskannya.

Fintech merupakan singkatan dari financial technology. Sesuai namanya, fintech adalah perusahaan atau institusi layanan keuangan berbasis teknologi.

"Tujuan fintech hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat, sekaligus membantu bisnis. ShopeePay merupakan sistem pembayaran yang memberikan kemudahan transaksi online. Menggunakan transaksi digital tidak hanya lebih mudah dan aman, tetapi ini juga mendorong ekonomi digital," kata wanita yang akrab disapa Lala ini.

Berikut ini manfaat fintech yang paling umum menurut Lala:

1. Efisien

Kebanyakan dari fintech kerap memberikan rasa aman dan efisien ketika penggunanya melakukan transaksi atau pembayaran. Terlebih, di masa pandemi, orang-orang tidak perlu lagi membawa uang tunai atau memakai mesin EDC yang dipakai banyak orang.

2. Meningkatkan produktivitas

"Dengan fintech, segala hal bisa dilakukan lebih mudah hanya dengan satu app," ucap Lala. Tambahannya lagi, sering sekali cashback dan promo yang diberikan untuk memberikan semangat lebih pada pengguna.

3. Keuntungan berbisnis

Tak hanya menarik konsumen, fintech dapat membantu pelaku usaha guna mendapatkan akses permodalan. Keuntungan lainnya adalah kesempatan melakukan kampanye bersama partner untuk mendapatkan tujuan yang lebih maksimal (awareness atau bahkan penjualan).

4. Inklusi keuangan

"Fintech bisa mempercepat inklusi keuangan. Dengan begitu, masyarakat memiliki akses terhadap layanan keuangan yang formal dan aman," tandas Lala.



Simak Video "Kepala Keamanan Siber Ungkap Motif Hacker Retas Data Pengguna Lazada"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT