Marketplace yang Mendukung Penuh UMKM Go Global - Halaman 2

Year in Review 2021

Marketplace yang Mendukung Penuh UMKM Go Global

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 25 Des 2021 06:20 WIB
Shopee Creative & Innovation Hub Solo
Marketplace yang Mendukung Penuh UMKM Go Global (Foto: dok. Shopee)

Adapun sederet fasilitas dan layanan yang diberikan Shopee secara gratis di setiap lokasi Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, antara lain:

1. Edukasi untuk UMKM

Edukasi merupakan layanan utama yang diberikan di Kampus UMKM Shopee. Melalui layanan edukasi ini, e-commerce ini mendorong UMKM agar bisa mengembangkan bisnis mereka di Shopee. Diketahui, edukasi yang diberikan mencakup pembuatan toko di Shopee, cara memproses pesanan, pemahaman tentang fitur promosi, hingga persiapan ekspor.

2. Pendamping Bisnis untuk Pelaku UMKM

Kampus UMKM Shopee juga menghadirkan pendamping bisnis melalui Trainer Shopee dan Tim Customer Service. Tim pendamping ini akan mendukung dan memberikan edukasi, tips, serta saran bagi para pelaku UMKM agar dapat terus meningkatkan performa bisnis masing-masing.

3. Fasilitas Pendukung Performa Bisnis UMKM

Kampus UMKM Shopee juga menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk menjaga dan meningkatkan performa bisnisnya. Fasilitas yang tersedia secara gratis di Kampus UMKM Shopee ini antara lain fasilitas bantuan pembuatan toko, fasilitas edukasi, fasilitas manajemen logistik, hingga fasilitas ruang meeting.

Kemudahan untuk para UMKM agar bisa menembus pasar global juga dihadirkan oleh e-commerce Shopee melalui Program Ekspor Shopee. Melalui program ini, Penjual Shopee dapat menjual produk mereka ke Pembeli di luar negeri dan memperluas bisnis dengan cara yang mudah tanpa dikenakan biaya apapun. Diketahui, hingga saat ini, Program Ekspor Shopee sudah memiliki 7 negara tujuan ekspor yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brasil, sampai Meksiko.

Selain itu, terdapat juga fitur #ShopeePilihLokal yang dianggap sejalan dengan program pemerintah Bangga Buatan Indonesia. Fitur ini dapat membantu karya UMKM lokal bisa lebih terlihat oleh masyarakat dan semakin berkembang. Ditambah dengan ekstra penawaran dan diskon, peranan Shopee makin terlihat untuk membantu UMKM lokal.

Co-Founder UMKM JINISO, sebuah brand jeans wanita, yakni Dian Fiona sudah memanfaatkan fitur tersebut. Dian mengaku turut merasakan kemudahan dari fitur tersebut yang ia sebut sangat memanjakan brand lokal serta para konsumen di Indonesia.

"Salah satu tantangan yang sering ditemukan oleh konsumen Indonesia adalah kesulitan dalam mencari nama produk ataupun brand. Tak kenal maka tak sayang. Dengan hadirnya inisiatif ini, masyarakat dapat dengan mudah menemukan wadah yang didedikasikan untuk semua rangkaian pilihan produk lokal," jelas Dian.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)