Bisnis Ponsel dan Consumer Samsung Dimerger

ADVERTISEMENT

Bisnis Ponsel dan Consumer Samsung Dimerger

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 08 Des 2021 11:00 WIB
The logo of Samsung Electronics is seen at its headquarters in Seoul, South Korea, July 4, 2016
Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta -

Samsung Electronic melakukan restrukturisasi dengan menggabungkan beberapa divisi-divisi yang sebelumnya terpisah, termasuk bisnis ponsel dan consumer (membawahi produk elektronik seperti TV dan lainnya).

Ini adalah perubahan besar pada struktur Samsung sejak 2017, yaitu saat raksasa Korea Selatan itu menunjuk tiga pemimpin untuk membawahi tiga divisi terpisah, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (8/12/2021).

Kini Samsung bakal punya dua CEO yang membawahi dua divisi, yaitu Device Solutions yang berisi bisnis semikonduktor, dan SET Division yang merupakan divisi baru, dan di dalamnya ada bisnis ponsel, TV, dan produk elektronik lainnya.

Jong-hee Han, yang sebelumnya memimpin bisnis Visual Display, kini juga menjadi CEO yang membawahi divisi SET. Han dipuji karena sukses membawa Samsung menjadi penguasa penjualan TV global selama 15 tahun.

"(Han) diharapkan bisa memperkuat sinergi di antara berbagai bisnis yang ada di SET Division dan membantu menggenjot bisnis serta teknologi baru," tulis Samsung dalam keterangannya.

Sementara itu Kyehyun Kyung yang sebelumnya adalah CEO Samsung Electro Mechanics dan Presiden Samsung kini menjadi CEO yang membawahi Device Solution. Sebelumnya Kyung juga pernah memimpin tim produk flash memory Samsung serta tim desain DRAM, dan kini ia menjadi pemimpin untuk bisnis semikonduktor Samsung.

Sejauh ini pemasukan terbesar Samsung masih berasal dari perangkat mobile, yaitu mencapai USD 24,2 miliar pada Q3 2021. Namun bisnis chip semikonduktornya tak tertinggal terlalu jauh dengan pemasukan USD 22,6 miliar, yang terbantu dari permintaan DRAM untuk server yang melesat.

Sementara kepala kantor pusat Samsung di Amerika Utara Hark Kyu Park kini juga menjadi CFO. Restrukturisasi di bisnis Samsung ini merampingkan struktur organisasi mereka menjadi dua bisnis besar, yaitu produk untuk konsumer dan komponen.



Simak Video "Samsung Luncurkan Platform Game Cloud untuk TV"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT