Alibaba Gelar Festival Belanja 11.11 Ramah Lingkungan dan Berbagi Kebaikan

Alibaba Gelar Festival Belanja 11.11 Ramah Lingkungan dan Berbagi Kebaikan

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 24 Okt 2021 15:05 WIB
alibaba
Foto: Alibaba
Jakarta -

Alibaba Group secara resmi memulai rangkaian acara Festival Belanja Global 11.11 yang ke-13. Festival belanja kali ini mengusung tema ramah lingkungan dan inklusivitas.

"Selama 12 tahun terakhir, 11.11 telah menyajikan kekuatan konsumsi konsumen China yang sungguh besar dan telah mendorong sektor ritel global," jelas Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung.

"Festival tahun ini menandai halaman baru bagi 11.11. Kami percaya bahwa kami harus memanfaatkan kekuatan 11.11 untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan menggaungkan inklusivitas bagi konsumen, merchant, dan mitra dari seluruh ekosistem," sambungnya.

Alibaba mengklaim perhelatan tahun ini akan menjadi festival terbesar, dengan rekor 290 ribu brand yang berpartisipasi. Tmall menawarkan lebih dari 14 juta promosi bagi 900 juta konsumen di China. Festival tahun ini akan kembali diselenggarakan dalam dua periode penjualan, yaitu periode pertama pada 1-3 November, dan periode kedua sekaligus acara puncak pada 11 November.

Livestreaming juga akan berperan besar mekanisme interaksi utama antara konsumen, brand, dan merchant, untuk memperluas jangkauan dan mendorong penjualan.

Mulai 20 Oktober, selama Festival, Taobao Live akan menampilkan 700 Key Opinion Leader, artis, dan perwakilan brand pada sesi livestreaming. Selain itu, Taobao juga akan meluncurkan fitur baru bagi para pengguna di mana mereka bisa berbagi "keranjang belanja" dengan teman dan keluarga, guna menciptakan pengalaman belanja yang lebih interaktif.

Ramah lingkungan

Pada perhelatan 11.11 tahun ini, Tmall akan menghadirkan berbagai produk dengan efisiensi energi tinggi dan minim dampak lingkungan dengan efisiensi energi dan berdampak rendah, serta membagikan voucher "hijau" senilai total 100 juta yuan untuk mendorong keputusan belanja yang berkontribusi terhadap gaya hidup ramah lingkungan.

Unit logistik Alibaba, Cainiao Network akan memperkenalkan pusat daur ulang paket di lebih dari 10 ribu Cainiao Post Station di 20 kota, untuk mengurangi jejak karbon festival mulai 1 November, yakni hari pertama dari periode penjualan 11.11.

Melalui ragam inisiatif dan teknologi ramah lingkungan ini, Alibaba berharap dapat lebih jauh mengurangi emisi karbon dari setiap transaksi pembelian, selama 11.11 tahun ini.

Berbagi kebaikan

Mendukung masyarakat yang membutuhkan akses lebih juga menjadi salah satu tema utama festival tahun ini. Sebelumnya, aplikasi Taobao telah meluncurkan "Mode Senior" yang dirancang untuk membuat aplikasi lebih mudah digunakan bagi pengguna lansia.

Fitur ini menawarkan teknologi bantuan suara, navigasi yang lebih mudah, serta tulisan dan gambar yang lebih besar. Pada laman beranda aplikasi juga menawarkan berbagai permainan yang dapat dimainkan oleh para pengguna lansia dan berkesempatan mendapatkan diskon spesial berbelanja, sehingga meningkatkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi para lansia.

Konsumen didorong untuk membagikan pembelian "Goods for Good" mereka dengan teman dan keluarga. Nantinya, Alibaba akan mendonasikan sebesar 1 yuan untuk setiap unggahan di media sosial.

Diluncurkan pada tahun 2006, program "Goods for Good" Alibaba memberikan kemudahan bagi para merchant untuk menyumbangkan sebagian dari penjualan mereka ke organisasi yang telah dipilih.

Para konsumen juga dapat mendukung kegiatan amal favorit mereka melalui pembelian. Sumbangan dari festival tahun ini akan disalurkan untuk mendukung tiga kelompok masyarakat, yakni penduduk lansia yang tinggal sendiri, anak terlantar di area terpencil, serta para pekerja berpendapatan rendah.



Simak Video "Alibaba Dijatuhi Denda Rp 40,49 Triliun Oleh Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)