Survei Membuktikan Anak Muda Kesulitan Mengatur Finansial

Survei Membuktikan Anak Muda Kesulitan Mengatur Finansial

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 21 Agu 2021 20:38 WIB
social media, closeup of hands holding smartphone in cafe, banking online, businessman with mobile internet
Foto: Getty Images/iStockphoto/anyaberkut
Jakarta -

Survei membuktikan bahwa generasi muda kesulitan dalam mengelola atau mengatur keuangan mereka, meski di saat yang bersamaan ada kemudahan dengan adanya layanan digital.

Berdasarkan survei terbuka tim BCA Digital mengungkapkan, ada 61% responden yang mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan. Sayangnya, mereka tidak bisa menjelaskan atau mempraktikannya dengan baik di kesehariannya.

Bahkan, 34% dari responden tersebut malah bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan. Survei ini dilakukan BCA Digital pada awal Agustus lalu dengan mengambil responden berusia 18 sampai 34 tahun.

Hal ini yang terbilang memprihatinkan sekaligus jadi tantangan bagi pelaku layanan digital, salah satunya BCA Digital sebuah bank digital yang baru saja meluncurkan Blu pesaing dari Jenius milik BTPN.

Sebagai upaya untuk mengedukasi generasi milenial, Bank Digital kemudian melakukan pendekatan yang tidak jauh dari kebiasaan anak muda, yaitu pertunjukan musikal bernama bluMusical yang ditayangkan di media sosial, seperti YouTube dan Instagram.

Hasilnya, bluMusical ini berhasil ditonton lebh dari 150 ribu kali di berbagai platform. Disebutkan mayoritas dari penonton tersebut adalah anak muda.

"Dalam prosesnya, kami juga mendalami bagaimana hadirnya blu dengan fitur-fiturnya dapat menjadi tools bagi para milenial untuk mencapai tujuan finansialnya dengan lebih mudah dan menyenangkan," ujar Nurul Susantono, Director bluMusical #MulaiLangkahmu, dalam siaran persnya.

Konsep bluMusical

bluMusical menceritakan 10 anak muda dari berbagai latar belakang, yang memiliki beragam mimpi dan cita-cita, mulai dari menabung untuk sekolah S2, buka bisnis sendiri, hingga mengumpulkan dana pensiun untuk orangtua.

Tokoh-tokoh muda yang sudah sukses di dunia nyata, CEO Ternak Uang Raymond Chin, CEO Menantea Jehian Panangian Sijabat, sampai Eva Alicia seorang pelukis, content creator sekaligus pengusaha muda, tampil dalam musikal ini.

Konsep bluMusical ini mengumpulkan insight dari media sosial dan merangkai cerita, lalu dikembangkan bersama komunitas seni pertunjukan Jakarta Movin dalam bentuk musik, tarian, tata artistik, dan treatment kamera.

Adapun bluMusical ini merupakan pengembangan dari bluAnthem berjudul "Mulai Langkahmu" yang dinyanyikan Yura Yunita. Proses musikal ini berlangsung kurang dari sebulan.



Simak Video "Hasil CT Scan Penyakit Tulang pada T-Rex "Tristan Otto""
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)