Pemulihan Ekonomi Lewat Teknologi ala Sirclo

Pemulihan Ekonomi Lewat Teknologi ala Sirclo

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 10:00 WIB
Sirclo
Foto: Dok. Sirclo
Jakarta -

PPKM membuat kapasitas operasional rite offline menjadi terbatas, termasuk di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurut Sirclo, pemanfaatan teknologi bisa meringankan beban UMKM, juga membantu pemulihan kondisi ekonominya.

Salah satu cara yang diterapkan Sirclo adalah dengan program #MerdekaJualanOnline, di mana Sirclo menyediakan modul penjualan online khusus bagi para UMKM dengan paket 'Starter' untuk berjualan di website, platform marketplace, ataupun Whatsapp, tanpa biaya.

"Sirclo, melalui Sirclo Store, kini turut mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan untuk kembali menggerakkan perputaran roda dunia usaha, terutama melalui pemberdayaan UMKM," ujar Brian Marshal, founder dan CEO Sirclo, dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Tujuan utama yang ingin kami capai adalah mendukung UMKM untuk onboarding digital dan bertahan selama/setelah pandemi, hingga bahkan mampu naik kelas melalui penggunaan teknologi," tambahnya.

Dari 65 juta UMKM yang ada di Indonesia saat ini, baru 12 juta di antaranya yang hadir secara online. Pemerintah sendiri menargetkan 30 juta UMKM dapat merambah ekosistem digital pada 2024. Hal inilah yang membuat Sirclo mengakomodasi pendampingan bagi UMKM agar siap onboarding digital melalui pelatihan yang komprehensif mengenai persiapan jualan online.

Baru-baru ini Sirclo juga mengakuisisi Orami, parenting platform terbesar di Indonesia, guna menghadirkan solusi ecommerce yang semakin lengkap, dengan kapabilitas teknologi yang saling melengkapi.

Sebagai perpanjangan tangan Sirclo, Orami menggagas "IbuSibuk", program pemberdayaan ekonomi bagi para ibu secara digital dan dikhususkan untuk para ibu yang berminat dengan kewirausahaan.

Lewat program ini, Orami mengajak anggotanya untuk memiliki pendapatan sendiri dengan menjadi agen pemasaran produk bagi brands yang dikelola Orami maupun Sirclo dengan cara menjual kembali produk tersebut (reseller) atau sekadar memperkenalkan dan merekomendasikan produk tersebut ke komunitas sekitar mereka.

Usaha menggerakkan UMKM ini tentunya harus didukung oleh berbagai pihak, seperti pemerintah, marketplace, berbagai partner logistik, payment gateway, hingga sesama brand lokal, agar menjadikan ekosistem industri ini tumbuh kuat dan terus berkembang dengan pesat.

"Dalam program #MerdekaJualanOnline, peran Sirclo adalah menyediakan solusi teknologi terpadu pengelolaan toko online yaitu Sirclo Store, serta modul pelatihan penggunaan dasbornya kepada para fasilitator UMKM (train the trainer). Pihak pemerintah dapat menyiapkan database UMKM sasaran dan menyediakan fasilitator bagi UMKM. Fasilitator tersebut kemudian memberikan pelatihan serta pendampingan kepada UMKM dalam proses digitalisasi mereka," tambah Brian.



Simak Video "Anggota Komisi VI soal PPKM Darurat: Biarkan UMKM Berjualan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)