Optimisme Bisnis e-Commerce di 2021

Optimisme Bisnis e-Commerce di 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 09 Jan 2021 10:36 WIB
Sirclo
Foto: Dok Sirclo
Jakarta -

Selama pandemi, bisnis ecommerce memang terbilang meningkat. Namun apakah bakal terus tumbuh di 2021, dan saat nanti pandemi sudah berakhir?

Menurut CEO dan founder Sirclo Brian Marshal, konsumen ecommerce diakuinya memang meningkat selama pandemi. Namun ia optimis bahwa para konsumen tersebut akan terus bertahan berbelanja secara online, meski nanti pandemi sudah berakhir.

Memang, sampai saat ini belum bisa ditebak kapan pandemi ini akan berakhir. Namun harapannya adalah keadaan akan sedikit membaik setelah nanti vaksin COVID-19 sudah mulai didistribusikan.

"Kebiasaan berbelanja online memang meningkat selama pandemi, dan sebagian besar akan bertahan seperti itu, namun konsumen pada dasarnya senang akan pilihan. Dengan harapan bahwa situasi pandemi akan mereda setelah vaksin didistribusikan di Indonesia, kami melihat bahwa metode berbelanja offline akan kembali menggeliat, karena konsumen merindukan pengalaman fisik sebagai sarana refreshing di luar rumah," ujar Brian dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Ini menjadi momen krusial bagi brand untuk menghadirkan pengalaman omnichannel terbaik bagi konsumen, bukan hanya dengan hadir secara online dan offline, tapi lebih jauh lagi dengan mengintegrasikan aset online dan offline yang dimiliki sehingga konsumen mendapatkan pengalaman yang seamless," tambahnya.

Salah satu yang menawarkan solusi omnichannel adalah Sirclo, di mana lewat solusi itu memungkinkan pelaku bisnis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang seamless bagi konsumen. Misalnya saja, pelaku bisnis bisa memenuhi pesanan konsumen dengan mengambil stok dari toko fisik terdekat, sehingga memperpendek rantai distribusi.

Konsumen juga diperkenalkan dengan konsep "Belanja online, ambil barang di toko", "Belanja online, pesanan dikirim dari toko", ataupun "Pengembalian barang ke toko". Konsep-konsep baru ini membuat konsumen lebih nyaman, karena mereka bisa mencari produk dan membandingkan spesifikasi secara online, lalu melihat produk secara langsung di toko fisik terdekat.

"Di tahun 2021, kami akan terus menjalin kerjasama strategis dengan berbagai mitra, seperti Google Cloud Platform untuk memperkuat infrastruktur teknologi, ataupun partner-partner logistik untuk memperkuat jaringan distribusi kami. Kami yakin, akselerasi bisnis Sirclo dan perkembangan industri e-commerce akan terus melaju di Indonesia, bahkan setelah pandemi berakhir," tutup Brian.



Simak Video "BPKN Ingatkan eCommerce Lebih Selektif Gaet Mitra Penjual di Platformnya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)