Inovasi Kurangi Macet, Sesuaikan Waktu Lampu Merah dan Hijau

Inovasi Kurangi Macet, Sesuaikan Waktu Lampu Merah dan Hijau

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 31 Mar 2021 15:40 WIB
Ilustrasi penjual koran di lampu merah
Ilustrasi lampu merah. Foto: Dok. Pemkot Semarang
Jakarta -

Inovasi Qlue untuk membangun smart city diwujudkan salah satunya dengan lampu merah yang dapat disesuaikan berdasarkan situasi lapangan secara riil. Sebab tak terelakkan bahwa kemacetan adalah masalah yang belum bisa terpecahkan secara maksimal khususnya di DKI Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia lainnya.

Andre Hutagalung Co-Founder & CTO Qlue di 'Virtual Press Conference Qlue 5th Anniversary', Kamis (31/3/2021), menuturkan bahwa ada dua hal yang difokuskan Qlue pada tahun ini. antara lain masih smart city dan smart mobility.

"Smart mobility adalah bagaimana kita membantu me-manage traffic light, kita akan monitor dan akan disesuaikan dengan jumlah kendaraan jadi sangat dinamis. Semua traffic akan dinamis, kalau bisa untuk antrean panjang persimpangan akan kita tambahan ke timer di lampu hijaunya," tutur Andre.

"Smart environment misalnya untuk rekayasa biologi, memperbaiki kualitas udara," sambungnya.

Menyambung omongan Andre, Rama Raditya selaku pendiri dan CEO Qlue mengatakan bahwa saat ini adjustable traffic light (lampu merah yang bisa disesuaikan) sudah diterapkan di dua daerah. Pengurangan kemacetannya bahkan bisa mencapai 25%, bukan angka yang kecil.

"Saat ini baru implementasi di dua traffic light, satu di Alam Sutra, satu lagi belum bisa disclose. Alam Sutra mengurangi titik di persimpangan 25% dan bukan hanya traffic light, orang yang nyebrang juga kita atur dan kondisikan dengan mobil. Memang di persimpangan itu banyak orang yang menyebrang jadi bisa lebih aman," ujar Rama.

Qlue telah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menerapkan solusi tersebut. Diharapkan, kedepannya seluruh lampu merah bisa berkomunikasi dan lebih dinasi mengikuti kondisi traffic di lapangan.

"Harapannya seluruh lampu merah bisa komunikasi dan dinamis, bisa mengubah lampu merah sesuai traffic di lapangan pasti akan mengurangi kemacetan kota besar di Indonesia," ucapnya mengakhiri percakapan.



Simak Video "Lampu Lalin di Perempatan PIM Mati, Petugas Cek Kelistrikan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)