Tren Teknologi Enterprise Selama 2021, Apa Saja?

Tren Teknologi Enterprise Selama 2021, Apa Saja?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 20:45 WIB
Ilustrasi Zebra Technologies
Foto: Dok. Zebra Technologies
Jakarta -

Pandemi membuat banyak perusahaan bertransformasi agar tetap bisa bertahan. Berikut ini adalah tren teknologi enterprise yang bakal terjadi selama 2021 menurut Zebra Technologies.

Zebra Technologies Corporation adalah penyedia solusi end to end di banyak sektor seperti ritel/e-commerce, manufaktur, transportasi dan logistik, healthcare, sektor publik dan berbagai industri lain.

Menurut Zebra, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (19/3/2021) banyak perusahaan menambah anggaran di teknologi otomatisasi pintar, termasuk robotik, kecerdasan buatan (AI), dan machine learning.

Berikut ini adalah tren teknologi enterprise utama selama 2021 menurut Zebra:

1. Computer and Machine Vision
Dengan sistem computer vision akan tercipta solusi-solusi yang secara visual dapat menafsirkan dan memahami dunia secara lebih luas dan lebih dinamis. Computer vision memiliki kemampuan melakukan pengenalan (recognition) yang mampu menyaingi kemampuan manusia.

Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui status inventori dengan lebih baik dan mempercepat proses check out di tempat transaksi. Machine vision adalah bagian dari computer vision. Teknologi ini menggunakan teknik visual untuk berfokus pada inspection analysis dan pendeteksian anomali.

Dengan berbagai kemampuan untuk menangkap, memroses, menginterpretasikan, dan mengarahkan tindakan, computer and machine vision dapat membantu memecahkan masalah-masalah mendesak yang sebelumnya dibebankan kepada para pekerja.

2. Otomatisasi pintar, termasuk kecerdasan buatan (AI) dan robotik

Otomatisasi pintar atau Intelligent automation difasilitasi oleh asisten virtual seperti Alexa dan Siri. Penggunaan teknologi machine learning semacam ini oleh perusahaan akan memperbaiki workflow, delivery, dan consumer experience.

Selain itu, AI dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam merekomendasikan tindakan korektif. Selanjutnya, AI serta robotik akan mendorong agar automasi pintar dapat menjadi bagian dari tren Internet of Things (IoT) dan Industry 4.0. Hasilnya, penggunaan AI di sektor manufaktur dan logistik diperkirakan akan meningkat pada tahun 2021.

Halaman selanjutnya: otomatisasi retail dan analisa data...