Berkah Pandemi Permintaan Chromebook Meningkat Dua Kali Lipat

Berkah Pandemi Permintaan Chromebook Meningkat Dua Kali Lipat

Josina - detikInet
Senin, 01 Feb 2021 15:08 WIB
Chromebook Acer
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta -

Pada awal pandemi COVID-19 seluruh negara memberlakukan sistem WFH di mana semua masyarakat diminta untuk bekerja dan belajar dari rumah, akibatnya hal ini memberikan keuntungan besar bagi pasar PC seperti pada permintaan Chromebook yang melonjak.

Dilansir detikINET dari Engadget, Senin (1/2/2021) menurut laporan dari 9to5Google, Canalys memperkirakan bahwa pengiriman Chromebook telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2020 dari 14,7 juta laptop menjadi 30,7 juta.

Samsung telah mengirimkan chromebook-nya sebanyak lebih dari empat kali lipat meskipun masih di angka 1,9 juta, sementara Lenovo membuat lompatan serupa menjadi 6,8 juta. Pertumbuhan meroket pada kuartal terakhir tahun 2020. Acer yang pengirimannya 'hanya' tumbuh 76% dan Leonovo melonjak secara mengejutkan sebanyak 1.766%.

Canalys mengatakan terjadinya lonjakan permintaan ini karena masalah kebutuhan pengguna. Menurutnya dengan gelombang COVID-19 kedua yang mendorong lockdown baru dan pendidikan yang lebih jauh, sekolah dan siswa sering kali tidak punya banyak pilihan selain mengeluarkan atau memerlukan laptop.

Di samping itu perangkat Chromebook tidak mahal dan relatif mudah untuk perawatannya sehingga menjadikannya pilihan yang lebih mudah daripada laptop konvensional untuk banyak sekolah dan beberapa pebisnis.

Tak hanya laptop, pasar Tablet juga menikmati lonjakan permintaan, bahkan hampir sebesar itu. Pengiriman tumbuh pesat 28% pada tahun 2020 di mana Apple, Samsung dan Lenovo memiliki permintaan paling besar.

Meski pendidikan dan pekerjaan memainkan peran besar akan lonjakan chromebook dan tablet namun faktor hiburan juga menjadi salah satunya seperti nonton streaming dan browsing-browsing internet.

Canalys juga mencatat bahwa keuntungan tablet sebagian karena pasarnya yang sudah besar. Sekitar 160,6 juta tablet dikirim pada tahun 2020, atau lima kali lipat dari jumlah Chromebook.



Simak Video "Makassar Recover Diluncurkan untuk Tangani Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)