Dulu Mesra, Kenapa Pemerintah China Sikat Jack Ma? - Halaman 2

Dulu Mesra, Kenapa Pemerintah China Sikat Jack Ma?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 05 Jan 2021 11:29 WIB

Pada tahun 2012, Xi Jinping jadi presiden China. Nah sejak itulah, peran atau campur tangan negara pada para pebisnis meningkat. Ia juga tidak segan menghukum para pebisnis yang dianggap kriminal atau korupsi, misalnya chairman Anbang Group, Wu Xiaouhi dijatuhi 18 tahun penjara.

Pesan Xi Jinping pun semakin jelas, bahwa pebisnis dan sektor swasta harus searah dengan tujuan China untuk mengembangkan masa depan negara. Perkembangan pesat ekonomi swasta dianggap berbahaya jika tidak dikendalikan.

Jack Ma akhirnya kena batunya. Mungkin karena selama ini selalu dibiarkan, ia pada bulan Oktober ceplas ceplos mengkritik sistem keuangan China yang dianggapnya usang dan menghambat inovasi. Padahal saat itu, beberapa pejabat tinggi China hadir.

Kritikan itu membuat pemerintah China marah, bahkan Xi Jinping sendiri yang dikabarkan turun tangan. IPO Ant Financial yang diprediksi memecahkan rekor, batal karena intervensi pemerintah China. Alibaba kemudian diinvestigasi atas tudingan monopoli dan kini, Jack Ma belum ketahuan di mana rimbanya.

"Beijing dengan jelas menyatakan perusahaan seperti Alibaba telah tumbuh terlalu besar untuk tetap diizinkan mengembangkan power ekonominya dan karakter seperti Ma harus dikendalikan," ucap mantan eksekutif Huawei, William Plummer.

"Di China dan secara global, kita bisa melihat perusahaan teknologi semakin kuat dan mengganggu kedaulatan siber pemerintah. Otoritas makin menyadari situasi ini, seiring konflik yang meningkat antara mereka dan perusahaan-perusahaan itu," ujar Xiaomeng Lu, periset di Eurasia Group yang dikutip detikINET dari Quartz, Selasa (5/1/2020).

(fyk/fay)