Grab Punya 200 Lebih Mitra Penyandang Disabilitas

Grab Punya 200 Lebih Mitra Penyandang Disabilitas

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 11:32 WIB
Ilustrasi Grab
Ada 200 lebih mitra grab yang merupakan penyandang disabilitas (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Grab memberikan kesempatan kepada rekan-rekan penyandang disabilitas untuk bergabung dengan platformnya. Terhitung, sudah ada lebih dari 200 mitra yang bergabung.

Neneng Goenadi Country Managing Director Grab Indonesia menjabarkan dalam acara 'Grab Mendobrak Batas: Peluang Ekonomi Digital Bagi Penyandang Disabilitas', Selasa (1/12/2020), dampak pandemi pada penyandang disabilitas. Ada banyak sektor yang harus merumahkan atau mengurangi pengeluaran perusahaan sehingga berdampak negatif.

"Begitu juga bagi teman-teman difabel, menurut survei sebanyak 80,9% mengaku terdampak negatif dari pandemi, 86% di sektor informal terdampak pengurangan pendapatan sebanyak 50-80%, dan ternyata hanya 1,95% partisipasi penyandang disabilitas pada program ketenagakerjaan padat karya," jelasnya.

Grab sendiri memiliki misi Grab for Good yang berupaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat memanfaatkan platform digital. Kolaborasi menjadi sangat penting terutama dengan pemerintah untuk digitalisasi UMKM. Dengan komitmen keras, dari bulan Juni lalu sudah 40 program lebih dilakukan Grab untuk mendigitalisai puluhan ribu UMKM beradaptasi di era digital.

"Sampai sekarang leih dari 450 ribu UMKM seluruh Indonesia yang bergabung sejak April sampai sekarang. Kami berkomitmen jadi platform yang inklusif tak terkecuali penyandang disabilitas," ucapnya.

Nah, tahun ini untuk menyambut Hari Disabilitas Internasional, Grab meluncurkan program Grab Mendobrak Batas bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) untuk membantu puluhan penyandang disabilitas untuk memanfaatkan teknologi bersama Grabkios.

Ada beberapa program yakni pemberian motivasi, memberikan akses kelas literasi digital untuk pelatihan aplikasi dalam penjualan produk dan strategi pemasaran, serta pengenalan aplikasi Grabkios.

"Jadi diberitahu modal awal lewat Grabkios, pengenalan aplikasi grabkios untuk siapa saja dan dapat menjual produk digital apa saja itu dijelaskan. Misalnya seperti bayar tagihan, kirim uang, beli pulsa dan masih banyak lagi. Akan dibantu mulai registrasi sampai ke bagaimana menggunakan promosi," tandas Neneng.



Simak Video "Mulai #LangkahHijau, Donasikan Jejak Karbonmu untuk Penanaman Pohon"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)