Virus Corona Teror Pesta Teknologi Dunia

Virus Corona Teror Pesta Teknologi Dunia

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 06 Feb 2020 07:16 WIB
Adu Gengsi Teknologi di MWC 2017
Virus Corona Teror Pesta Teknologi Dunia. Mobile Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta -

Hajatan Mobile World Congress (MWC) 2020 dibayang-bayangi kekhawatiran, sebab Spanyol menjadi salah satu negara yang terjangkit virus corona. Tidak ingin para pengunjung was-was, sejumlah upaya dilakukan GSMA, selaku pihak penyelenggara.

Melalui keterangan resminya, Kamis (6/2/2020), GSMA menegaskan pameran MWC 2020 akan berjalan sesuai rencana, yakni 24-27 Februari 2020. Lokasinya pun masih sama, di Fira Gran Via Fira Montjuic, La Farga L'Hospitalet, YoMo dan Four Years From Now (4YFN).

GSMA telah menerapkan banyak langkah guna mengurangi penyebaran virus corona dan terus menambahkan tindakan lain secara teratur. Saat ini, yang telah dilakukan adalah meningkatkan program pembersihan dan desinfeksi di semua titik yang paling banyak terjadi sentuhan, seperti area katering, pegangan tangan, toilet, pintu masuk dan keluar, layar sentuh publik, dan lain-lain.

Panitia juga akan menyediakan tenaga medis tambahan di lokasi terselenggaranya MWC 2020. Mereka pun memberikan pelatihan untuk semua staf dan karyawan tentang langkah-langkah pencegahan.

Minggu ini, GSMA telah mulai melakukan langkah-langkah tambahan tersebut. Dimulai dengan mamasang rambu-rambu di banyak titik penting yang berisi imbauan dan anjuran dalam menjaga kebersihan.

"Kami juga menerapkan aturan perubahan microfone untuk pembicara. Serta mengkomunikasikan saran yang direkomendasikan WHO dan menyarankan kepada semua peserta untuk mengadopsi kebijakan tidak berjabat tangan," kata GSMA.

Hajatan MWC 2020 biasanya dimanfaatkan perusahaan dari Asia untuk memamerkan produk terbarunya di panggung global. Namun sepertinya, gelaran tahun ini akan mengurangi jumlah peserta, karena beberapa di antaranya memutuskan untuk batal ikut.

Sebelumnya ada ZTE dan LG yang tidak jadi hadir. Juru bicara ZTE mengatakan mereka akan membatalkan konferensi pers di MWC 2020 karena masalah penundaan visa dan waktu perjalanan.

Selain itu, mereka juga tidak ingin kedatangannya membuat pengunjung MWC 2020 menjadi tidak nyaman. "Kami cenderung menjadi perusahaan yang terlalu sopan, dan tidak ingin membuat orang merasa tidak nyaman," kata juru bicara ZTE.

LG Electronics juga membatalkan kehadiran dan partisipasi mereka di MWC 2020. Hal ini dilakukan agar pegawai LG tidak perlu melakukan perjalanan internasional, sesuatu yang sedang dilarang oleh pakar kesehatan.

Sebagai gantinya, LG akan mengadakan event tersendiri dalam waktu dekat untuk mengumumkan produk barunya yang akan diluncurkan di tahun 2020.

"Dengan mengutamakan keselamatan pegawai dan masyarakat umum, LG telah memutuskan untuk menarik diri dari MWC 2020 pada bulan ini di Barcelona, Spanyol," kata juru bicara LG dalam keterangan resminya.

"Keputusan ini akan mencegah ratusan karyawan LG untuk bepergian ke negara lain, seperti yang disarankan sebagian besar pakar kesehatan," sambungnya.



Simak Video "Mengejutkan! Ilmuwan Spanyol Deteksi Covid-19 Pada Maret 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)