Minggu, 23 Jul 2017 14:56 WIB

iPhone Bikin Apple Jadi Perusahaan Paling Untung Sedunia

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi iPhone (detikINET/Anggoro Suryo Jati) Ilustrasi iPhone (detikINET/Anggoro Suryo Jati)
Jakarta - iPhone punya jasa besar terhadap Apple. Bagaimana tidak, berkat ponsel ini, Apple menjadi perusahaan paling untung di dunia.

Berdasarkan hitungan kapitalisasi pasar (harga saham dikalikan dengan saham beredar), Apple bernilai lebih dari USD 784,5 miliar. Perusahaan ini mampu meraup pendapatan sebesar USD 215 miliar selama tahun fiskal terakhir.

Dari total pendapatan yang diraih Apple, iPhone mampu menyumbang 63%. Ini menunjukkan betapa pentingnya produk tersebut bagi kesuksesan perusahaan.

Tingginya pendapatan yang diraih Apple diikuti besarnya keuntungan yang mereka kantongi. Data dari Fortune, perusahaan besutan Steve Jobs itu mengantongi profit sebesar USD 44,7 miliar tahun lalu.

Perolehan ini membuat Fortune menempatkan Apple di puncak daftar perusahaan paling menguntungkan di dunia. Nomor dua ada Industrial and Commercial Bank of China dengan keuntungan USD 41,9 miliar.

Sementara posisi berikutnya berturut-turut ditempati China Construction Bank, Agricultural Bank of China dan Bank of China. Selain itu ada juga JP Morgan dengan keuntungan USD 24,7 miliar, Berkshre Hathaway USD 24,1 miliar dan Wells Fargo dengan jumlah profit USD 21,9 miliar.

Dikutip detikINET dari Phone Arena, Minggu (23/7/2017), setelah Apple, perusahaan teknologi yang masuk daftar perusahan paling untung di dunia adalah Alphabet dengan profit USD 19,5 miliar, disusul Samsung dengan keuntungan USD 19,3 miliar.

Berbicara mengenai pencapaian Apple, bukan tidak mungkin mereka menjadi perusahaan pertama yang bernilai satu triliun dolar. Untuk mencapai itu, perusahan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat ini
hanya perlu meningkatkan harga saham 28% dari sebelumnya USD 150 menjadi minimal USD 192 per lembar sahamnya.

Apple tidak perlu bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut. Kehadiran iPhone 8 dapat dengan mudah mendongkrak level saham mereka ke posisi lebih tinggi lagi.

iPhone Bikin Apple Jadi Perusahaan Paling Untung Sedunia Foto: Phone Arena
(rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed