http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Ini Dia Harga BlackBerry Q10 di Indonesia

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Senin, 25/03/2013 15:37 WIB
Ini Dia Harga BlackBerry Q10 di Indonesia BlackBerry Q10 (ash/detikINET)
Jakarta - Setelah terungkap di Inggris, kini harga BlackBerry Q10 di Indonesia juga sudah mulai ada titik terang. Sumber-sumber terkait di Indonesia yang terkait proses jualan ponsel Qwerty pertama BlackBerry 10 ini juga mengungkapkan sedikit bocorannya.

"Akan lebih mahal dibanding Z10. Perkiraan di harga Rp 7,8 juta, baru Mei nanti keluarnya," ungkap sumber terpercaya detikINET, Senin (25/3/2013).

Harga itu memang tak jauh beda dengan harga BlackBerry Q10 yang akan diluncurkan lebih dulu di Inggris, 26 April mendatang. Untuk unlock alias tidak diikat oleh bundling suatu operator seluler, Q10 dibanderol GBP 529,98 di negerinya Ratu Elizabeth.

Sementara Arief Pradetya, Division Head Device Bundling and Customization Telkomsel, menambahkan, Q10 memang akan lebih dulu dirilis di Inggris. Namun setelah itu baru ke negara-negara lain termasuk Indonesia.

"Ritmenya mirip Z10, Inggris duluan. Soal harga saya belum bisa bilang, tapi yang pasti lebih mahal dari Z10," pungkasnya.

Kehadiran BlackBerry Q10 di Tanah Air sepertinya memang sudah sangat dekat. Selain flyer bundling Q10 sudah bisa dilihat di sejumlah pusat perbelanjaan, Q10 sendiri saat ini tengah diuji oleh Kementerian Kominfo.

Dalam pemantauan di situs Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, tampak dua seri BlackBerry Q10 yang sedang diuji. Satu dibuat di Meksiko, dan lainnya di Kanada.

Saat ini, BlackBerry Q10 masih SP3 (Surat Pengantar Pengujian Perangkat). Artinya, Q10 sedang diuji Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BPPT) tertanggal 14 Maret dan 21 Maret 2013.

Hampir bisa dipastikan, BlackBerry Q10 dipasarkan di Tanah Air tidak lama lagi. Sebelumnya, bos BlackBerry Indonesia pun sudah memberi bocoran kapan peluncuranya.

"BlackBerry Q10 akan kami luncurkan di bulan Mei," bisik Eka Anwar, Marketing Director BlackBerry Indonesia kepada detikINET usai penghargaan Seluler Award ke-10 di Jakarta.

BlackBerry Q10 sejatinya tak jauh berbeda spesifikasinya dengan Z10. Perbedaan terjadi lebih dari sisi fisik, sebab Q10 bertipe hybrid yakni mengusung layar sentuh dan sudah dilengkapi keyboard Qwerty ala BlackBerry.

Layar Q10 memiliki dispay 3,1 inch Super Amoled dengan resolusi 720x720 360 ppi. Di sisi 'jeroan' Q10 persis dengan Z10. Dibenamkan 'otak' dual core 1,5 GHz, 2 GB RAM, 16 GB flash, kamera 8 MP dan 2 MP (di sisi depan), serta dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE dan NFC.

Jika seri-seri qwerty BlackBerry sebelumnya selalu memiliki tombol 'call', 'menu', 'back', 'off' dalam bentuk fisik. Nah, pada seriQ10, tombol-tombol fisik tersebut dihilangkan. Termasuk keberadaan trackpad yang tak ada lagi.

Untuk urusan navigasi, user tinggal langsung menyentuh layar karena ponsel ini sudah mendukung layar sentuh yang responsif.

Baca juga:
-. Review Z10, Ponsel Pertaruhan Nasib BlackBerry.
-. 5 Kesimpulan Setelah Menggunakan BlackBerry Z10.

-. Ini Dia Review Awal BlackBerry Z10.


(rou/ash)


Baca Juga



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close