Catat! Cara Jadi FYP di TikTok dan Strategi Lihat Tren

Catat! Cara Jadi FYP di TikTok dan Strategi Lihat Tren

ADVERTISEMENT

Catat! Cara Jadi FYP di TikTok dan Strategi Lihat Tren

Vazrina Putri - detikInet
Jumat, 02 Des 2022 11:45 WIB
aplikasi tiktok
Catat! Cara Jadi FYP di TikTok dan Strategi Lihat Tren. Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Konten video kini tak asing lagi bagi pengguna media sosial. Dimulai dari YouTube, konten dengan format video telah berevolusi dengan durasi yang lebih pendek dan interaktif seperti TikTok dan Instagram Reels.

Banyak yang berusaha masuk halaman for your page atau FYP di TikTok untuk meningkatkan visibilitas dan awareness sebuah konten, individu, brand, atau bisnis. Viral di TikTok juga memberikan dampak positif dengan meningkatkan views, likes, juga engagement.

Ada banyak tips dan trik untuk bisa viral di TikTok, tapi tidak banyak yang efektivitasnya tahan lama. Salah satu caranya adalah rajin melihat tren dan mengeksekusinya dengan tepat dan rutin. Berikut beberapa strategi untuk melihat tren dan cara menggunakannya agar menjadi FYP TikTok.

Strategi Melihat Tren

1. Lihat dari Akun Lain (Cara Manual)

Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, yaitu menggunakan 2 akun TikTok yang berbeda dan lihat FYP di dua akun tersebut. Bila ada konten FYP yang sama terulang di dua akun tersebut, ada kemungkinan besar memang sedang trending di TikTok.

2. Pakai Tools

Dengan bertumbuhnya kreator konten di TikTok dan jasa TikTok Ads, TikTok menyediakan platform TikTok Creative Center yang merangkum berbagai macam tren di seluruh ekosistem TikTok.

Tools ini memudahkan pengguna untuk bisa melihat tren dari tagar (Hashtag #), lagu, content creator, dan video viral, sesuai dengan industrinya. Selain itu, riset tren juga bisa dipersempit sesuai dengan negaranya.

Dan yang paling digemari dari platform ini adalah, informasi dan datanya free atau gratis bagi pengguna akun TikTok bisnis. Bagi pengguna biasa pun bersifat gratis karena hanya memerlukan sign up.

Strategi FYP di TikTok

1. Gunakan Data dari Tren

Gunakan data dari TikTok Creative Center untuk membuat konten. Gunakan lagu, hashtag, atau stitch dengan content creator TikTok yang sedang trending. Selain itu, carilah inspirasi dari video-video yang sedang trending di TikTok.

2. Buatlah Konten yang Berkualitas

Setelah mendapatkan ide konten TikTok, buatlah konten video yang berkualitas dan menghibur. Pastikan video berkualitas maksimal dan tidak buram. Tingkatkan kualitas video dengan menggunakan tools video editing dan filter. Coba menggunakan transisi dan efek-efek video lainnya sehingga membuat videomu berkarakter dan beda dari yang lainnya.

3. Buat Video Berdurasi Pendek

Salah satu alasan kenapa pengguna TikTok meningkat adalah karena durasinya yang cepat. Pastikan konten video tidak lebih dari 1 menit, karena rentang perhatian pengguna TikTok termasuk cukup pendek, dan dapat mengakibatkan video tidak ditonton hingga akhir. Durasi yang aman untuk konten video TikTok berkisar 15-30 detik

4. Bangun Engagement

Untuk meningkatkan interaksi/engagement dengan pengguna TikTok, coba gunakan kalimat pertanyaan di dalam caption atau masukkan pertanyaan pendapat di dalam video.

Contohnya:

"Menurut kamu bagaimana?"
"Kalau versi kamu bagaimana?"

Komentar di dalam video TikTok juga bisa membuat kontenmu viral. Tidak jarang konten video TikTok yang dikomentari selebriti atau kreator konten terkenal menjadi viral. Dan, jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers dengan membalas atau like komentar mereka.

5. Unggah Konten saat "Prime Time"

Aneh tapi nyata, bahwa mengunggah konten TikTok memang ada waktu yang lebih maksimal. Waktu prime time, merefleksikan kapan followers atau pengguna TikTok pada umumnya aktif menggunakan TikTok. Secara general, waktu ini bisa dilihat dari waktu aktif pengguna media sosial pada umumnya, seperti saat istirahat kerja pukul 12.00-13.00, waktu pulang kerja sekitar pukul 17.00 hingga larut malam, atau di akhir pekan.

Nah, demikian strategi melihat tren dan cara menjadi FYP di TikTok. Selamat mencoba!


*) Artikel dibuat oleh Vazrina Putri Digital PR Executive di startup pendidikan RevoU.



Simak Video "Hands-on: Galaxy S23 Series 5G yang Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT