7 Fitur Tersembunyi Gmail yang Kamu Belum Tahu

7 Fitur Tersembunyi Gmail yang Kamu Belum Tahu

ADVERTISEMENT

7 Fitur Tersembunyi Gmail yang Kamu Belum Tahu

Vazrina Putri - detikInet
Minggu, 25 Sep 2022 07:15 WIB
Logo Baru Gmail
Gmail. Foto: Dok. Google
Jakarta -

Selain aman dan mudah digunakan, Gmail juga memiliki beberapa fitur tersembunyi yang perlu diulik untuk membantu proses komunikasi melalui email agar lebih maksimal.

Di antara begitu banyak fitur di Gmail, ada fungsi-fungsi tersembunyi yang belum banyak orang tahu. Coba cek, apakah kamu sudah menggunakan fitur-fitur tersebut?

Berikut adalah 7 fitur Gmail tersembunyi yang perlu kamu tahu:

1. Undo Send

Udah ngetik email tapi pas dikirim baru sadar ada yang salah? Ini triknya! Fitur ini sangat mudah untuk diatur dan ada beberapa pilihan waktu yaitu 5-30 detik. Memang waktu untuk dapat undo send ini tergolong singkat, tapi tetap berguna bila ada kesalahan yang fatal.

Caranya: Settings > General > Undo Send

2. Cari Email

Saat email sudah terlalu penuh di inbox, kadang sulit menemukan email spesifik untuk dibalas atau membuka email satu-satu. Untuk bisa menemukan email dengan cepat tanpa membuang waktu, cara ini adalah jalan keluarnya.

Caranya: Subject:Nama Perusahaan

Contohnya: Subject:Detikcom

3. Menunda masuknya Email

Untuk yang setiap harinya terima banyak sekali email, kamu bisa menunda email-email yang masuk dengan fitur Snooze. Selain menunda masuknya email dari luar, Snooze juga bisa membantu menghapus email sementara hingga jangka waktu yang kalian tentukan di Setting.

Caranya: Arahkan ke tombol jam di email yang diterima > Klik Snooze

4. Mode Rahasia

Gmail banyak digunakan untuk mengirim berbagai macam email dan tidak dipungkiri lagi bahwa email yang mengandung data yang sensitif juga termasuk ke dalamnya.

Bila email yang dikirim mengandung informasi yang sensitif dan takut disalahgunakan, fitur ini akan membantu untuk membuat emailmu kadaluarsa setelah waktu yang ditentukan.

Caranya:

Buka opsi buat email baru > Klik lambang gembok pada kanan bawah > Atur waktu kadaluwarsa > Save > Kirim email

5. Akses Gmail Offline

Fitur ini berguna banget buat yang sering traveling dan menghadapi situasi susah sinyal saat membuka email. Dengan fitur ini, akses untuk membuka dan membelas email dapat dilakukan walaupun tidak terhubung internet.

Caranya: Settings > Offline > Centang box "Enable Offline Mode"

6. Signature

Salah satu cara menutup email dengan cara yang sopan dan profesional adalah menggunakan kata penutup yang diiringi dengan kontak pribadi (seperti alamat email, nomer telpon, jabatan dan nama perusahaan, dan sebagainya).

Agar tidak membuang waktu diketik satu-satu, kata penutup dan kontak pribadi dapat dibuat di fitur Signature Gmail. Signature khas yang sudah ditulis, dapat dimasukkin secara otomatis di email dan akan otomatis tertulis di akhir paragaf email.

Caranya: Settings > General > Signature

Adapun format umum penutup email adalah:

Ucapan salam
Nama
Jabatan + perusahaan/ Jurusan + nama
No telpon yang bisa dihubungi
Link yang relevan (Linkedin, personal blog, dan lainnya)

7. Menjadwalkan Email

Salah satu strategi agar email dibuka oleh klien, HRD, atau business partners adalah mengirim email di waktu yang tepat.

Selain itu, fitur ini juga membantu jika ada kondisi perbedaan waktu kerja yang signifikan. Untuk mempermudah, email yang akan dikirim dapat dijadwalkan sesuai waktu yang diinginkan.

Caranya:

Setelah selesai merangkai email di email baru > Klik panah bawah disebelah tombol send > Klik opsi "Schedule Send" > Pilih sesuai waktu yang diinginkan.


*) Vazrina Putri adalah Digital PR Executive di startup pendidikan RevoU.



Simak Video "Kominfo Disebut Bisa Intip Obrolan WhatsApp-Gmail Lewat Aturan PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT