5 Tips Cari Ide Konten Modal Google

ADVERTISEMENT

5 Tips Cari Ide Konten Modal Google

Andrew Prasatya - detikInet
Sabtu, 10 Sep 2022 17:12 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment.
Foto: Getty Images/courtneyk
Jakarta -

Kemunculan bermacam media sosial makin memperbanyak konten yang bertebaran di internet, mulai dari artikel di blog, hingga video di TikTok, Instagram, juga YouTube. Para kreator konten pun makin tertantang membuat sesuatu konten yang menarik.

Namun, tantangan terbesarnya adalah menemukan ide-ide konten kreatif untuk kategori atau industri yang ingin dijadikan fokus konten.

Nah, tahukah kalian bahwa hanya dengan bermodal Google, kita bisa mencari inspirasi ide konten? Berikut adalah 5 cara mencari informasi di Google. Kalian bisa menggunakan beberapa perpaduan kata kunci ini:

1. Nama kompetitor/Brand + Strategi Marketing

Strategi pertama adalah dengan cara mencari inspirasi dari apa yang telah dilakukan oleh kompetitor atau brand lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan kita.

Contohnya, jika kita sering membuat konten-konten mengenai masakan, mungkin kita bisa melakukan pencarian di Google "Buzzfeed Cooking Strategi Marketing" atau "william Gozali strategi marketing"

2. Strategi + Channel Marketing + Terbaik + Tahun Saat Ini

Strategi ini dapat digunakan ketika kita sedang mencari studi kasus di marketing channel yang berbeda-beda. Ini biasanya digunakan jika kita baru mulai ingin membuat konten dan belum tau di mana kita harus menempatkan konten kita.

Contohnya, jika kita ingin mencari inspirasi konten TikTok, kita bisa mencari kata kunci ini di Google: "Strtegi TikTok Terbaik 2022" atau "Strategi Blog SEO Terbaik 2022".

3. Trend + Channel Marketing + Lokasi

Kata kunci ini dapat membantu kita menemukan informasi terkait tren konten yang sedang ada di berbagai macam marketing channel dan juga lokasi.

Contohnya: "Trend YouTube di Indonesia" / "Trend Instagram Reels di USA"

4. Marketing Channel + Influencer + Industri / Kategori + Terbesar

Salah satu strategi paling mujarab mendapatkan ide-ide konten adalah melihat apa yang sedang dilakukan oleh para influencer di bidang yang sedang ingin kita geluti.

Dari situ kita bisa melakukan "ATM" alias Amati Tiru Modifikasi, strategi mereka.

Berikut kata kunci yang bisa dipakai di Google untuk mendapatkan informasi ini: "YouTube Influencer Mobil Terbesar" atau "TikTok Influencer Beauty Terbesar"

5. Strategi + Konten + Marketing Channel + Industri

Jika kita melakukan Google kata kunci ini, kita bisa menemukan berbagai macam kompilasi strategi konten yang relevan dengan industri atau kategori yang saat ini sedang kita tekuni.

Misalnya kita sedang menekuni konten-konten di bidang kesehatan atau fitness, kita dapat mencari kata kunci seperti: "Strategi Koten YouTube untuk Fitness". Atau jika kita ada di industri perfilman bisa mencoba "Strategi Kontent Blog untuk Perfileman".

Demikian beberapa tips mencari ide konten hanya dengan bermodal Google. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mencari ide-ide konten ya!


* Andrew Prasatya adalah Head of Content Marketing di startup pendidikan RevoU.



Simak Video "KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT