Cara Membuat Garis di Word Untuk Kop Surat

Cara Membuat Garis di Word Untuk Kop Surat

ADVERTISEMENT

Cara Membuat Garis di Word Untuk Kop Surat

Dhea Alvionita - detikInet
Kamis, 27 Okt 2022 18:57 WIB
Cropped shot of an unrecognizable businesswoman sitting alone and typing on her laptop during the day at home
Foto: iStock
Jakarta -

Cara membuat garis di Word ternyata gampang banget lho. Meski demikian, ternyata tidak semua orang familiar dengan beberapa fitur yang disajikan oleh Microsoft Word. Salah satu fitur yang menarik adalah pembuatan garis.

Microsoft Word sendiri merupakan aplikasi pengolah kata dengan beragam fitur yang bisa membantu seseorang dalam mengkreasikan hasil ketikannya menjadi lebih menarik supaya tidak monoton.

Microsoft Word juga menyediakan sejumlah pilihan fitur dan menu yang bisa digunakan untuk membuat garis. Baik itu garis lurus dalam bentuk vertikal maupun horizontal.

Di sisi lain, masih ditemukan sebagian pengguna yang belum mengetahui atau masih kesulitan untuk membuat garis di Word. Umumnya, masih banyak juga orang yang membuat garis di Word hanya dengan menarik kursornya secara manual. Sehingga, garis yang dihasilkan tidak lurus dengan sempurna.

Garis lurus di Microsoft Word biasa digunakan untuk memisahkan paragraf atau tulisan antara bagian satu dengan bagian lainnya. Garis lurus juga bisa digunakan untuk membuat kop surat supaya membuat tampilan tertata rapi.

Lantas bagaimana sih cara membuat garis di Word untuk kop surat? Daripada penasaran, detikers bisa langsung simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Garis di Word Untuk Kop Surat

Seperti yang telah tim detikINET himpun melalui berbagai sumber, Kamis (27/10/2022) berikut merupakan cara membuat garis di word untuk kop surat. Simak langkah-langkahnya di artikel ini:

  1. Buka dokumen baru atau dokumen Microsoft Word yang akan disisipkan garis
  2. Lalu klik tab 'Insert'
  3. Pilih submenu 'Shapes'
  4. Selanjutnya pilih opsi 'Line'
  5. Klik bentuk garis biasa tanpa adanya tanda panah
  6. Kemudian arahkan kursor pada bagian tulisan yang akan disisipkan garis tersebut
  7. Setelah itu tekan dan geser kursor dari arah kiri ke kanan
  8. Ketika menggeser kursor ke arah kiri dan kanan, tekan juga tombol 'Shift' pada keyboard secara bersamaan
  9. Tombol 'Shift' berfungsi untuk membuat garis tetap lurus meskipun kursor digeser kemana-mana. Jadi, garis yang kalian buat tidak akan mleyot apabila ditekan berbarengan
  10. Setelah garis berhasil dibuat, kalian bisa mengatur bentuk sesuai keinginan dengan mengklik satu kali pada garis tersebut
  11. Kemudian, klik tab 'Shape Format'
  12. Lalu pilih opsi 'Format Pane'

Pada opsi tersebut, kalian bisa memilih bentuk garis pada bagian 'Dash Type' yang didalamnya terdapat bentuk titik yang berjajar sampai garis putus-putus. Sedangkan untuk membuat dua tumpuk garis, kalian bisa memilihnya pada bagian 'Compound Type'.

Untuk mengatur ketebalan garis, kalian bisa pilih pada bagian 'Width'. Apabila kalian tertarik untuk membuat garis tersebut menjadi berwarna, klik bagian 'Color' untuk mengatur warna sesuai selera dan keinginan.

Selain cara yang telah dipaparkan di atas, adapun cara lain untuk membuat garis dengan menggunakan karakter tertentu. Setidaknya berikut adalah 6 karakter tertentu yang bisa digunakan untuk membuat garis di Word.

  • Menggunakan Karakter Kurang (-)
    Cara pertama yaitu dengan menggunakan karakter kurang (-). Dimana ketika karakter '-' tersebut diketik sebanyak tiga kali (-) dan kemudian ditekan 'Enter'. Maka secara otomatis, akan muncul garis tipis.
  • Menggunakan Karakter Underscore (_)
    Cara kedua yaitu dengan menggunakan karakter underscore (_). Dimana dapat kalian lakukan dengan mengetik underscore sebanyak tiga kali (___), lalu tekan 'Enter'. Secara otomatis, akan muncul garis pembatas yang cukup tebal.
  • Menggunakan Karakter Sama Dengan (=)
    Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan karakter sama dengan (=). Dengan memasukkan karakter tersebut sebanyak tiga kali (===) dan kemudian tekan 'Enter'. Maka akan muncul dua garis pembatas tipis.
  • Menggunakan Karakter Pagar (#)
    Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk membuat garis yaitu dengan menggunakan karakter pagar (#). Cara tak jauh berbeda, kalian hanya perlu memasukkan tanda pagar sebanyak tiga kali (###), lalu tekan 'Enter'. Kemudian akan muncul garis dengan beberapa hasil, yaitu tipis pada bagian atas, tebal pada bagian tengah, dan tipis pada bagian bawah.
  • Menggunakan Karakter Bintang (*)
    Cara kelima yaitu dengan menggunakan karakter bintang (*). Caranya juga sama, dengan masukkan karakter bintang sebanyak tiga kali (***) dan kemudian tekan tombol 'Enter'. Cara tersebut nantinya akan menghasilkan garis yang putus-putus.
  • Menggunakan Karakter Tilde (~)
    Cara terakhir yang dapat digunakan untuk membuat garis yaitu dengan karakter tilde (~). Dengan mengetik karakter tilde sebanyak tiga kali (~~~) dan kemudian menekan tombol 'Enter'. Garis yang dihasilkan adalah garis bergelombang yang mirip dengan ombak.

Sebagai informasi tambahan, karakter tertentu yang umum digunakan untuk membuat kop surat adalah karakter kurang (-), karakter underscore (_), karakter sama dengan (=), dan karakter pagar (#) saja.

Kurang lebih begitu cara membuat garis di Word untuk kop surat. Jika dirasa ada yang kurang tepat ataupun tidak sesuai, bisa disampaikan pada kolom komentar ya detikers.



Simak Video "Fenomena Langit Desember 2022: Hujan Meteor Geminid-Ursid"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT