Formula untuk Menentukan Jumlah Total di Excel, Mudah Lho!

Formula untuk Menentukan Jumlah Total di Excel, Mudah Lho!

ADVERTISEMENT

Formula untuk Menentukan Jumlah Total di Excel, Mudah Lho!

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 16 Okt 2022 21:00 WIB
Microsoft Excel
Formula untuk Menentukan Jumlah Total di Excel, Mudah Lho! (Foto: dok WeAreMarketing)
Jakarta -

Formula untuk menentukan jumlah total di Excel ternyata gampang banget lho. Kendati begitu, tidak semua orang familiar baik dari rumus maupun dengan perangkat lunak yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Microsoft Excel, menjadi software andalan bagi mereka yang memang bekerja mengumpulkan dan mengolah sebuah data. Hal ini mengingat, kemampuan, keunggulan, dan kehebatan Excel dalam menghitung itu semua, dilakukannya dengan mudah.

Bagaimana tidak, di dalamnya, orang-orang bisa mengaktifkan beragam rumus, untuk membuat proses berhitung jadi lebih sederhana. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan fokus membahas formula untuk menentukan jumlah total di Excel.

Lantas, bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak penjelasan singkatnya, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

Formula untuk Menentukan Jumlah Total di Excel

Sebenarnya, formula untuk menentukan jumlah total di Excel bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama bisa dengan =SUM dan kedua hanya memanfaatkan tanda tambah (+).

SUM

  1. Masuk ke Microsoft Excel, atau bisa langsung mencarinya di tools pencarian Windows.
  2. Bila ingin mengolah data baru, bisa pilih Blank Workbook. Namun jika sudah memiliki data, bisa langsung klik Open dan pilih file yang dimaksud.
  3. Mari anggap detikers menggunakan file sebelumnya. Maka akan ditampilkan deretan angka yang mengisi ROW (sebuah baris di bagian worksheet yang melintang horizontal dari kanan hingga kiri, ditandai angka 1,2,3 dan seterusnya) atau COLUMN (kebalikan dari ROW yang ditandai oleh A,B,C dan seterusnya).
  4. Selanjutnya pilih CELL (sebuah tempat pertemuan hasil kombinasi ROW dan COLUMN seperti B6 atau C7), yang berada di bawah atau samping angka terakhir.
  5. Tulis rumus =SUM dan klik tab untuk memilihnya.
  6. Kemudian drag RANGE (Gabungan atau kumpulan beberapa CELL) yang diinginkan. Contohnya A2:A7. Jadi bentuk lengkapnya =SUM(A2:A7).
  7. Enter dan hasil akhir akan keluar.

Tanda Tambah (+)

  1. Meneruskan langkah-langkah sebelumnya, detikers cukup ikuti empat langkah awal pada cara hitung rumus penjumlahan Excel dengan SUM.
  2. Selanjutnya untuk rumusnya, tulis = yang diikuti oleh CELL dan sisipkan lambang tambah (+). Jadi gambarannya seperti ini =B2+B3+B4+B5+B6..... dan seterusnya.
  3. Enter dan hasil akhir akan keluar.

Kurang lebih begitu formula untuk menentukan jumlah total di Excel. Jika dirasa ada yang kurang tepat dan tiak sesuai, bisa sampaikan di kolom komentar dan semoga bermanfaat detikers.



Simak Video "Microsoft Office Bakal Segera Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT