Kenali Apa Fungsi Discord, Aplikasi yang Ramai digunakan Gamer

ADVERTISEMENT

Kenali Apa Fungsi Discord, Aplikasi yang Ramai digunakan Gamer

Benedictus Adhitia - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 19:45 WIB
PlayStation Mengumumkan Kerja Sama dengan Discord Dimulai Awal Tahun 2022
Kenali Apa Fungsi Discord, Aplikasi yang Ramai Digunakan Gamer. Foto: (sie.com)
Jakarta -

Game online sekarang ini bukan hanya menjadi alat untuk hiburan semata, sudah menjadi ladang penghasilan atau bisa dikatakan sebuah profesi. Siapa yang sangka permainan online akan naik daun bahkan memiliki komunitas pasar yang besar di berbagai belahan dunia.

Untuk menunjang komunikasi yang baik dalam sebuah permainan online maka diperlukan aplikasi yang mendukung dalam hal berkomunikasi. Discord sebagai salah satu platform komunikasi online memberikan pengalaman yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi satu sama lain secara dua arah.

Semakin berkembangnya game online, maka aplikasi Discord pun menjadi naik daun. Banyak gamer yang memanfaatkan aplikasi alternatif ini dalam menunjang komunikasi di dalam game. Pasalnya Discord menawarkan penawaran berkomunikasi yang lebih lancar dan stabil jika dibanding fitur komunikasi yang berada dalam game.

Fitur yang dimiliki Discord

Tentunya Discord hadir dengan memberikan beberapa fitur. Selain fitur unggulan dalam bentuk voice chat yang memungkinkan individu berkomunikasi dengan individu atau secara group dalam satu platform, Discord juga memiliki beberapa fitur lainnya yang membantu dalam berkomunikasi, terlebih bagi para gamer.

Fitur-fitur yang dimiliki Discord antara lain:

1. Server
Sesuai dengan arti dari namanya, server merupakan ruangan atau tempat di dalam Discord yang memungkinkan beberapa orang bergabung di dalamnya. Server pada aplikasi Discord memiliki dua jenis berdasarkan cara bergabungnya. Ada server dengan invitation-only, artinya Anda hanya bisa bergabung server ini jika ada undangan. Sementara, ada juga server yang bersifat publik atau terbuka. Jadi siapapun yang memiliki akun Discord bisa bergabung di dalamnya.

2. Channel
Kemudian di dalam sebuah server terdapat fitur yang bernama channel. Channel ini biasanya digunakan oleh pengguna untuk berkomunikasi dengan cara bertukar teks atau audio. Fitur ini juga memungkinkan seseorang untuk mengirimkan gambar atau file dengan beberapa format kepada anggota di dalam channel tersebut.

3. Streaming
Fitur streaming adalah fitur yang memungkinkan orang lain/pengguna lain melihat atau menonton apa yang sedang dilakukan oleh oran yang melakukan stream (streamer). Bahkan ketika memainkan game online, seorang streamer bisa tetap berbagi layar kepada pengguna Discord lainnya.

4. Student Hubs
Fitur Student Hubs ini adalah fitur yang dikhususkan untuk pelajar. Fitur ini memungkinkan akun Discord ditautkan dengan email pelajar yang dimiliki. Dalam fitur ini pelajar bisa terkoneksi dengan pelajar lain. Kemudian di dalam Discord nantinya para pelajar bisa berbagi kebutuhan belajar dengan pelajar lainnya.

5. Discord Nitro
Discord Nitro merupakan fitur premium atau berlangganan yang disediakan oleh Discord. Jika anda berlangganan Discord Nitro, anda dimungkinkan untuk mengatur Discord Tag, membuat emoji sendiri, mengunggah file dengan ukuran lebih besar, hingga mendapatkan diskon Server Boosts.

6. DM / GDM
DM/GDM adalah singkatan dari Direct Messages atau Group Direct Messages. Fitur ini memungkinkan pengguna Discord berkomunikasi secara privat dengan pengguna Discord lainnya. Selain itu, meskipun bersifat privat namun pengguna Discord dapat mengundang pengguna yang lainnya untuk bergabung di dalam group.

Cara buat akun Discord

Cara membuat akun Discord sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti cara membuat akun Discord dengan menyimak tahapan berikut:

1. Buka aplikasi Discord (hp/PC) atau menuju kediscord.com
2. Kemudian dalam halaman muka situs pilihlah Register
3. Selanjutnya masukan email yang ingin kalian gunakan
4. Jangan lupa membuat username dan passwordnya
5. Setelah didaftarkan nantinya kalian akan mendapat email verifikasi dari Discord
6. Terakhir anda perlu melakukan konfirmasi alamat email

Begitu untuk cara membuat Discord. Selain mudah, tentunya aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang menarik dan memudahkan kalian sebagai pengguna. Secara khusus bagi kalian yang hobi bermain game online, Anda bisa mencoba membangun komunitas di Discord.



Simak Video "O Yeong Su 'Squid Game' Tersandung Kasus Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT