Kontroler Ini Bisa Buat Main Game PS5 di iPhone

ADVERTISEMENT

Kontroler Ini Bisa Buat Main Game PS5 di iPhone

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 30 Jul 2022 13:15 WIB
Backbone One
Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Sony mendaftarkan Backbone sebagai salah satu pembuat aksesoris resminya, yaitu lewat Backbone One, sebuah kontroler untuk dipasangkan ke iPhone.

Backbone One sebenarnya sudah dirilis sejak 2020 lalu, namun kini dirilis ulang dengan tampilan dan tombol-tombol yang disesuaikan untuk game PlayStation, terutama PS4 dan PS5, dan punya dimensi yang membuatnya bisa dipasang di iPhone versi Mini ataupun Pro Max.

Tentu saja, anda tak sekadar butuh Backbone One untuk bisa memainkan game PS5 di iPhone, karena anda tetap butuh konsolnya, dan menggunakan fitur Remote Play untuk memainkan game PS5 dari iPhone.

Cara kerjanya milik game streaming, bedanya anda bukan memainkan game dari server milik penyedia layanan, melainkan dari konsol dan game yang anda miliki, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (30/7/2022).

Namun Backbone One ini tak cuma kompatibel dengan PS5, karena juga bisa dipakai di game yang ada di App Store, seperti Genshin Impact, Fantasian, Call of Duty: Mobile, dan lainnya. Juga bisa berfungsi di layanan streaming game lain, termasuk Xbox Game Pass Ultimate.

Backbone One terhubung secara fisik ke iPhone, bukan menggunakan koneksi Bluetooth melainkan memakai colokan Lightning yang ada di bodinya. Ini artinya Backbone One tak perlu diisi ulang baterainya seperti kebanyakan kontroler lainnya, karena kontroler ini menggunakan listri dari iPhone.

Pada awalnya, Backbone One PlayStation Edition ini akan tersedia di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Namun ke depannya Sony juga memboyongnya ke negara-negara lain.

Selain itu, nantinya juga akan ada Backbone One versi Android (diasumsikan menggunakan port USB-C). Oh ya, akan dua warna yang tersedia, hitam dan putih. Untuk para pengguna PS sebaiknya memilih warna putih karena punya susunan tombol yang sama dengan DualSense. Sementara versi hitam akan punya tata letak tombol seperti kontroler Xbox.

Backbone One dijual dengan harga USD 100 atau sekitar Rp 1,4 juta, dan setiap pembeliannya akan mendapat bonus 3 bulan keanggotaan Discord Nitro, 1 bulan Game Pass Ultimate, 1 bulan Apple Arcade, dan 2 bulan langganan Stadia Pro.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT