Developer dan Gamer Bersatu Donasi ke Ukraina Hingga Rp 91 Miliar

ADVERTISEMENT

Developer dan Gamer Bersatu Donasi ke Ukraina Hingga Rp 91 Miliar

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 23 Mar 2022 08:45 WIB
Itch.io, Marketplace Game Indie: NFT Adalah Penipuan
Developer dan Gamer Bersatu Donasi ke Ukraina Hingga Rp 91 Miliar (Foto: Twitter Itch.io)
Jakarta -

Marketplace game indie, yaitu itch.io, telah mengadakan program bersama 736 kreator, untuk membantu Ukraina di tengah invasi Rusia. Mereka memberikan promo besar-besaran dan berhasil mengumpulkan dana mencapai, USD 6,37 juta atau sekitar Rp 91 miliar.

Dengan menawarkan lebih dari 950 judul, senilai USD 10 atau sekitar 143 ribu, hal ini pun disambut baik oleh para penggemarnya. Gamer berbondong-bondong menyambangi toko online tersebut dan berkontribusi dalam program positif ini.

"Sebagai pengembang, kami ingin menciptakan dunia baru. Bukan untuk menghancurkan dunia yang kami miliki. Itulah mengapa kami bersatu untuk mempersembahkan paket amal ini, dalam upaya membantu warga Ukraina," tulis itch.io, dikutip detikINET dari situs resmi..

Berdasarkan deskripsi yang disematkan itch.io, bahwa seluruh dana akan dibagi kepada dua badan amal, seperti Internatioanl Medical Corps dan Voices of Children. Di mana pengalokasiannya, yaitu masing-masing 50% dari penjualan.

Total yang ikut berkontribusi dalam penggalangan ini ada 449.626 gamer. Rata-rata memberikan jumlah pembelian di atas harga minimum hingga USD 14 atau sekitar Rp 200 ribu, dengan donasi nilai jual tersebar di angka USD 9 ribu atau sekitar Rp 129 juta.

Tidak hanya bisa memperoleh banyak game indie super keren, tetapi juga ada kategori lainnya. Mulai dari game assets, soundtracks, tools, comics, books dan misc. Untuk judul-judul yang disuguhkan, dapat dinikmati para pemain di PC (Windows, macOS, Linux dan Browser) dan mobile.

Lantas apa saja permainannya? Ada SkateBIRD, CrossCode, Backbone, Liminal Horror, Dumpy & Bumpy, A Short Hike, Skyling: Garden Defense, Celeste, Evergate, Jotun: Valhalla Edition, The Lost Ark of Innkeeping, Chronology: Time Changes Everything dan masih banyak lagi.

Kendati begitu, program Bundle for Ukraine ini telah berakhir sejak hari Jumat lalu. Di mana diketahui bahwa antusias gamer cukup besar, karena hanya dalam waktu 16 jam saat pertama kali dibuka, sudah berhasil meraup USD 1 juta atau sekitar Rp 14,3 miliar.



Simak Video "Dua Apartemen di Chasiv Yar Ukraina kena Rudal, 31 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT