5 Cara Cek Akun Instagram Asli Atau Palsu

ADVERTISEMENT

5 Cara Cek Akun Instagram Asli Atau Palsu

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 21 Sep 2022 21:09 WIB
Ilustrasi Instagram
5 Cara Cek Akun Instagram Asli Atau Palsu (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Hacker Bjorka baru-baru ini menyebutkan dirinya tidak memiliki akun Twitter, Instagram maupun Tiktok. Semua akun medsos dengan nama Bjorka disebutnya palsu.

Sebenarnya, adakah cara untuk mengecek akun media sosial seseorang asli atau palsu? Jawabannya, bisa saja dengan melakukan beberapa langkah misalnya saja seperti di Instagram.

Meski sedikit tricky, kamu bisa menilai sendiri keaslian sebuah akun Instagram dengan sejumlah cara. Setidaknya ada lima cara yang bisa kamu lakukan seperti dihimpun detikINET, Rabu (21/9/2022):

1. Cek following dan followers-nya

Jika jumlah following terlihat tidak wajar jika dibandingkan dengan followers-nya, bisa saja ini adalah akun fake. Selain itu, kamu bisa melihat followers akun tersebut, apakah ada akun-akun yang tidak jelas? Akun yang tidak jelas sering muncul jika followers didapatkan dari membeli.

2. Komen dan like tidak sebanding dengan followers

Followers sampai ribuan tapi komen tidak ada satu pun? Atau, ada komen, namun jumlahnya sangat jomplang dengan jumlah followers? Ada kemungkinan akun tersebut menggunakan jasa penambah followers.

3. Kualitas foto yang buruk

Ketika mengunggah foto atau video ke media sosial, kualitas file biasanya akan diturunkan. Tapi jika foto atau video yang ada di feed terlihat sangat buruk, bisa jadi itu hasil reupload atau upload ulang.

4. Bukan centang biru

Memang tidak semua akun yang asli, memiliki centang biru. Akan tetapi public figure atau tokoh berpengaruh biasanya mendapatkan badge ini. Akun yang terverifikasi artinya sudah melalui proses dari medsos.

5. Cek informasi akun

Terakhir, yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek fitur 'About This Account'. Caranya dengan membuka profil yang ingin dicek, klik titik tiga yang ada di pojok kanan, lanjut ke 'About This Account'. Di sana, kamu bisa melihat username terdahulu, jumlah followers hingga tanggal akun tersebut dibuat. Kalau tampak mencurigakan, itu mungkin akun palsu.



Simak Video "Hacker Bjorka Bersuara soal Penangkapan Pemuda Madiun Diduga Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT