8 Cara Mendapatkan Followers Instagram Aktif Tanpa Bayar

ADVERTISEMENT

8 Cara Mendapatkan Followers Instagram Aktif Tanpa Bayar

Tim - detikInet
Rabu, 14 Sep 2022 16:45 WIB
Social networking service concept. communication network.
8 Cara Mendapatkan Followers Instagram Aktif Tanpa Bayar Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Memiliki banyak followers di Instagram tentu sangat bermanfaat untuk membangun brand, baik untuk bisnis atau influencer. Tentu yang dicari bukan hanya kuantitas, tapi followers juga harus asli agar bisa meningkatkan kualitas engagement.

Saat ini banyak yang menawarkan jasa jual beli followers Instagram yang menggunakan akun bot. Teknik seperti ini memang bisa menambah followers secara instan, tapi akun bot tentu saja tidak seaktif followers asli untuk meninggalkan komentar atau memberikan like di postingan.

Daripada mengeluarkan uang untuk membeli followers yang belum tentu bisa meningkatkan engagement, lebih baik mempelajari ilmu dasar untuk mendapatkan followers Instagram aktif secara organik. Walaupun tidak instan, setidaknya followers yang didapat pasti orang asli dan aktif.

1. Optimasi akun Instagram

Pastikan akun Instagram kalian sudah memiliki bio, foto profil, username dan caption foto yang jelas agar akun dan brand kalian bisa langsung dikenal. Untuk bio Instagram, isi dengan informasi penting terkait bisnis kalian termasuk kepribadian merek, deskripsi merek, call to action, dan link tautan.

Pakai username Instagram yang mudah dicari dan jangan tambahkan karakter atau nomor di belakangnya. Kalau nama bisnis kalian terlalu panjang, bisa dipersingkat agar lebih mudah dikenali oleh audiens.

2. Pilih waktu yang konsisten

Jangan unggah konten di waktu yang acak dan sembarangan. Biasakan posting konten secara reguler dan konsisten sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

Kalian bisa memanfaatkan fitur Insights di Instagram untuk mengetahui jam-jam saat followers paling aktif. Laporan tersebut sudah berisi informasi lengkap mengenai jangkauan konten dan waktunya.

3. Jangan pakai followers palsu

Membeli followers palsu atau akun bot memang bisa menambah jumlah followers dengan cepat. Tapi tidak semua akun bot itu akan meninggalkan komentar, like atau membagikan konten kalian. Akun bot juga tidak akan membeli apa yang kalian promosikan.

Belum lagi kalau bot yang mengikuti akun kalian tiba-tiba dibasmi oleh Instagram. Akun kalian bukan hanya kehilangan followers tapi juga engagement yang berharga.

4. Promosikan akun Instagram di platform lain

Salah satu cara cepat untuk menjaring followers baru adalah dengan mempromosikan akun Instagram kalian di platform lain. Kalian bisa menambahkan tombol media sosial di website atau blog untuk membantu pengunjung mencari akun Instagram kalian.

Selain itu, kalian juga bisa crosspost atau mengunggah konten Instagram di beberapa platform sekaligus. Misalnya dengan posting konten Reels di TikTok.

5. Mencoba berbagai macam konten

Biasakan untuk memahami jenis konten yang paling disukai oleh followers kalian saat ini. Jadi jangan bosan bereksperimen dengan jenis konten yang diunggah misalnya Reels, foto, video, Stories dan lain-lain.

Selain itu, penting untuk mengetahui jenis konten apa yang sedang trending di Instagram. Gunakan teknik ATM (amati, tiru, dan modifikasi) untuk mengikuti tren yang sedang populer.

6. Pakai hashtag yang sesuai

Hashtag merupakan salah satu fitur penting yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak followers di Instagram. Caranya dengan menggunakan hashtag yang unik dan tidak terlalu banyak dipakai agar konten dan akun kalian tidak tenggelam. Hashtag yang dipakai harus relevan dengan brand dan produk yang kalian jual.

7. Pelajari algoritma Instagram

Algoritma merupakan mesin yang digunakan Instagram untuk mempromosikan konten kepada pengguna. Jika ingin menjangkau lebih banyak orang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

Timeliness: seberapa baru postingan.
Interest: minat seseorang beradasarkan aktivitas, komentar atau like sebelumnya.
Frekuensi: seberapa sering pengguna membuka Instagram.
Hubungan: apakah akun sering berinteraksi secara teratur.
Penggunaan: waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram.
Following: sebuah postingan dari akun yang diikuti.

8. Bikin Instagram Reels

Instagram Reels kini menjadi salah satu bagian penting dari strategi marketing media sosial. Fitur video singkat ini bisa dilihat oleh siapa saja, tidak hanya followers, sehingga berpotensi besar untuk dipakai menggaet followers baru.

Saat membuat konten Reels untuk mempromosikan akun kalian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu: pastikan konten yang dibuat unik dan mengikuti tren, buat konten yang relatable dan sederhana, dan edukasi audiens.



Simak Video "Cara Dapat Followers Instagram Aktif Tanpa Perlu Bayar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT