Pengertian dan Cara Mengatasi Shadowban Instagram

ADVERTISEMENT

Pengertian dan Cara Mengatasi Shadowban Instagram

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 14 Sep 2022 13:40 WIB
Ilustrasi Putu Nova membeli narkoba melalui Instagram.
Pengertian dan Cara Mengatasi Shadowban Instagram (Foto: dok. Pexels-Pixabay)
Jakarta -

Beberapa tahun lalu, istilah shadowban yang diduga menurunkan engagement akun media sosial, sempat menggemparkan dunia maya. Fenomena ini tak hanya menyerang Instagram, akan tetapi korbannya juga termasuk Facebook atau Twitter.

Akibatnya, beberapa orang tidak bisa menemukan akun yang dicarinya di masing-masing platform. Lantas apa sih sebenarnya pengertian shadowban itu sendiri?

Kira-kira, apa penyebab dan cara mengatasi shadownban? Berikut penjelasan singkatnya, berdasarkan informasi yang detikINET kumpulkan dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022).

Perngertian Shadowban

Namun sebelum itu, pembahasan kali ini lebih merujuk kepada platform besutan meta, yakni Instagram. Jadi, shadowban yang juga dikenal dengan stealth banning atau ghost banning, merupakan pembatasan jangkauan akun dan konten, di mana dianggap tidak pantas.

Jika akun terkena shadowban, maka konten publik yang diunggah, hanya ditampilkan kepada followers saja. Jadi mereka akan kesulitan menjangkau pengguna baru, dalam upaya pengembangan akun.

Sebenarnya, istilah ini dibuat oleh para pengguna media sosial. Jadi bukan penyebutan resmi dari Facebook, Instagram, Twitter, atau lainnya.

Sedikit informasi, sejak populernya platform berbagi foto dan video di internet, masing-masing pengembang menerapkan kebijakan bertajuk Remove-Reduce pada tahun 2018. Istilah ini merupakan upaya menghapus konten bermasalah dan mengurangi keterpaparan atau penyebarannya.

Nah, kemungkinan besar, hal tersebut yang akhirnya memunculkan istilah baru dari para pengguna, yaitu shadowban.

Penyebab Shadowban

Diketahui, bahwa shadowban biasanya menyasar ke pengguna yang dianggap spam atau menyalahi pedoman komunitas. Beberapa di antaranya seperti konten kekerasan, seksualitas, atau mengandung informasi yang salah.

Selain itu, pelanggarannya juga mengarah kepada penggunaan bot, memakai aplikasi pihak ketiga yang melanggar pedoman, atau strategi ilegal lain yang bisa menyebabkan shadowban. Salah satunya seperti penggunaan tagar yang berlebihan dan sama berulang kali.

Cara Mengatasi Shadowban Instagram

Untuk caranya sendiri bisa menyiasati dari beberapa penyebab akun terkena shadowban. Pengguna bisa meninggalkan aplikasi pihak ketiga, di mana itu melanggar persyaratan dan pedoman dari Instagram.

Kemudian, kalian bisa membatasi aktivitas di platform itu, seperti memberikan likes berlebihan kepada akun lain. Tak luput, untuk menghindari kegiatan follow dan unfollow dalam jumlah yang banyak.

Perilaku seperti bot tersebut yang mendorong algoritma Instagram, untuk memberi hukuman shadowban. Selain itu, untuk tidak menggunakan tagar atau hashtag yang serupa berulang kali.

Terakhir melaporkannya ke Instagram. Para pengguna bisa melakukannya lewat fitur report a problem.

Caranya buka profil - pengaturan - bantuan - laporan masalah. Lanjut menjelaskan duduk permasalahannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Kurang lebih seperti itu pengertian, penyebab, dan cara mengatasi shadowban Instagra. Bila dirasa ada yang kurang, bisa tambahkan di kolom komentar.



Simak Video "Cara Dapat Followers Instagram Aktif Tanpa Perlu Bayar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT