Cara Verifikasi Akun Instagram Agar Dapat Centang Biru

ADVERTISEMENT

Cara Verifikasi Akun Instagram Agar Dapat Centang Biru

Tim - detikInet
Selasa, 13 Sep 2022 17:46 WIB
Jakarta -

Bisa memiliki akun Instagram dengan centang biru tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Artinya, nama atau brand kalian sudah populer dan dianggap penting oleh Instagram.

Menurut Instagram, lencana verifikasi atau centang biru merupakan indikator penting bahwa akun tersebut benar-benar milik seorang publik figur atau brand. Tapi Instagram menekankan bahwa tanda centang biru tidak boleh dianggap sebagai simbol untuk menunjukkan otoritas atau dianggap pakar atas topik tertentu.

Mendapatkan centang biru dari Instagram juga bukan perkara yang mudah. Menurut Hootsuite, hanya akun yang memiliki risiko tinggi dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang akan diverifikasi oleh Instagram.

Lantas, apa saja syarat untuk mendapatkan centang biru di Instagram? Untungnya, untuk mendapatkan centang biru di Instagram tidak bergantung pada jumlah followers. Tapi platform milik Meta ini memiliki empat kriteria penting yang harus dipenuhi yaitu:

  • Otentik: Akun harus mewakili orang sungguhan, bisnis, atau entitas terdaftar.
  • Unik: Akun harus mewakili kehadiran unik dari individu atau bisnis. Ini tidak termasuk 'akun minat umum' seperti akun meme atau fanpage.
  • Komplit: Akun kalian harus memiliki profil yang lengkap seperti harus publik, memiliki bio, foto profil, dan harus aktif saat mendaftar verifikasi.
  • Penting: Akun kalian harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan sering dicari. Diutamakan orang atau bisnis yang pernah muncul di media, tapi tidak termasuk konten berbayar atau sponsor.

Selain empat kriteria di atas, akun yang ingin mendapatkan centang biru dari Instagram juga harus menaati Terms of Use dan Community Guidelines yang ditetapkan.

Setelah memenuhi semua kriteria di atas, kalian bisa mendaftar untuk mendapatkan centang biru di Instagram. Prosesnya mudah saja bisa dilakukan dan dipantau langsung dari aplikasi Instagram.

Cara mendapatkan centang biru Instagram

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel lalu login ke akun yang ingin kalian daftarkan untuk mendapatkan lencana verifikasi
  • Buka Profile dengan cara mengetuk ikon foto profil akun di sudut kanan bawah
  • Ketuk ikon hamburger dengan tiga garis horizontal di sudut kanan atas lalu pilih menu Settings
  • Ketuk opsi Account lalu scroll ke bawah dan pilih Request verification
  • Masukkan kredensial dan sediakan dokumen pendukung seperti kartu identitas dalam bentuk kartu tanda penduduk atau dokumen bisnis resmi
  • Ikuti instruksi di layar dan ketuk tombol Submit di bagian bawah
  • Selagi permintaan verifikasi ditinjau oleh Instagram, kalian akan menerima notifikasi di tab Activity sampai 30 hari setelah mendaftar untuk mengetahui apakah akun kalian sudah diverifikasi atau belum
  • Jika permintaan ditolak, kalian bisa mengajukan permintaan baru lagi dalam waktu 30 hari.

Sebelum registrasi untuk mendapatkan centang biru Instagram, ada beberapa hal yang harus dicatat. Pertama, begitu akun kalian diverifikasi, Instagram mengatakan username untuk akun itu tidak bisa diganti atau dipindah ke akun lain.

Mengirimkan beberapa permintaan verifikasi juga tidak menjamin proses verifikasi akan dipercepat, malah akan membuat Instagram membatalkan permintaan kalian.

Selain itu, jika kalian mendapatkan centang biru menggunakan informasi palsu atau menyesatkan selama proses verifikasi, Instagram akan mencabut ikon centang biru dan akun kalian bisa diblokir.

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT