Instagram Garap Fitur Repost, Kabulkan Permintaan Pengguna

ADVERTISEMENT

Instagram Garap Fitur Repost, Kabulkan Permintaan Pengguna

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 11 Sep 2022 22:30 WIB
Social networking service concept. communication network.
Instagram Garap Fitur Repost, Kabulkan Permintaan Pengguna (Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks)
Jakarta -

Instagram sepertinya akan segera merilis satu fitur yang sudah lama diminta oleh pengguna. Aplikasi berbagi foto milik Meta ini sedang menguji coba fitur repost untuk yang memudahkan pengguna membagikan foto milik orang lain di feed-nya.

Fitur baru itu pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matt Navarra di profil milik Head of Instagram Adam Mosseri. Dalam keterangannya kepada TechCrunch, Instagram berencana menguji coba fitur ini dalam waktu dekat melibatkan sejumlah pengguna.

"Kami sedang menjajaki opsi untuk membagikan ulang postingan di Feed -- mirip seperti cara Anda membagikan ulang di Stories -- agar orang-orang bisa membagikan apa yang mereka sukai, dan agar kreator asli mendapatkan kredit atas karya mereka," kata juru bicara Meta, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (11/9/2022).

Dari screenshot yang dibagikan oleh Matt Navarra di Twitter, Instagram akan menambahkan tab Reposts yang berisi postingan yang dibagikan ulang oleh pengguna. Tab ini akan ditempatkan di profil pengguna, bersama dengan tab postingan, reels, dan foto yang di-tag.

Instagram sudah mengenalkan fitur repost untuk Stories sejak tahun 2018. Tapi sampai saat ini pengguna tidak bisa repost postingan orang lain di feed, kecuali menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna Instagram tidak perlu lagi mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk repost konten orang lain.

Fitur repost di media sosial pertama kali dipopulerkan oleh Twitter lewat fitur Retweet. Fitur ini telah diadopsi oleh banyak platform media sosial lainnya, termasuk Instagram dan TikTok.

Pada awal tahun lalu, TikTok juga sudah mulai menguji coba fitur Repost yang memungkinkan pengguna untuk membagikan video orang lain kepada followers-nya. Tapi video yang di-repost di TikTok hanya akan terlihat di halaman For You milik follower, dan bukan di profil pengguna.

Untuk fitur repost yang diuji coba oleh Instagram, postingan yang di-repost akan muncul di feed followers dan akan ditampilkan di profil pengguna di tab yang tersedia.

Tampaknya Instagram sudah mengembangkan fitur repost ini sejak beberapa bulan yang lalu. Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi pertama kali melaporkan pengembangan fitur ini pada bulan Mei lalu.

Seperti uji coba fitur baru lainnya, belum diketahui kapan Instagram akan merilis fitur ini ke seluruh pengguna. Mungkin Instagram akan membagikan informasi lebih lanjut setelah fitur ini memasuki masa uji coba.



Simak Video "Cara Dapat Followers Instagram Aktif Tanpa Perlu Bayar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT