Login Gmail Bermalasah, Ini 7 Cara Mengatasinya

ADVERTISEMENT

Login Gmail Bermalasah, Ini 7 Cara Mengatasinya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 20 Agu 2022 13:57 WIB
Logo Baru Gmail
Login Gmail Bermasalah, Ini 7 Cara Mengatasinya Foto: Dok. Google
Jakarta -

Kesulitan login Gmail memang menyebalkan karena bisa mengganggu pekerjaan atau kegiatan belajar mengajar. Apalagi sejak era ponsel Android memiliki akun Gmail menjadi satu keharusan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan login Gmail bermasalah. Bisa jadi karena masalah di browser, password yang tidak sesuai, atau karena akun Gmail kalian diretas. Untungnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi login Gmail bermasalah, berikut ini tujuh di antaranya seperti dirangkum dari Insider, Sabtu (20/8/2022).

1. Tutup dan buka kembali Gmail

Jika kalian ingin login Gmail dari aplikasi di Android atau iOS tapi bermasalah, langkah awal paling mudah yang bisa kalian lakukan adalah dengan menutup dan membuka kembali aplikasi. Jika kalian membukanya di browser, coba tutup browser, buka kembali dan akses Gmail.

2. Pastikan koneksi internet stabil

Solusi ini mungkin terbilang sederhana, tapi sangat penting. Pastikan jaringan internet mobile atau Wi-Fi kalian benar-benar stabil saat mencoba login ke Gmail. Karena biasanya koneksi Wi-Fi terlihat kencang dan penuh tapi ternyata statusnya 'No connection'.

3. Ganti browser

Jika kalian kesulitan login Gmail di browser, baik di desktop atau ponsel, coba gunakan browser lain. Misalnya kalian tidak bisa login Gmail di Google Chrome, coba beralih ke browser lain seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, atau Opera untuk membuka Gmail.

4. Cek apakah Gmail down

Salah satu kemungkinan Gmail tidak bisa diakses adalah karena layanan Google sedang down. Seperti kasus beberapa waktu yang lalu saat layanan Google tumbang dan membuat layanan seperti Search dan Gmail tidak bisa diakses.

Sebelum panik, coba cek dulu apakah Gmail sedang down kalau kalian tidak bisa login. Cara ceknya gampang saja, cukup kunjungi laman Google Workspace Status Dashboard di link berikut ini atau lewat situs DownDetector.

5. Reset akun Gmail

Login Gmail bisa saja bermasalah karena kalian salah memasukkan alamat atau password-nya, entah karena lupa atau alasan lainnya. Cara mengatasi isu ini adalah dengan reset akun Gmail.

Caranya mudah saja, pertama masuk ke halaman Google Account Recovery dengan klik link berikut ini lalu masukkan alamat email Gmail yang tidak bisa login.

Kalau lupa alamat emailnya, kalian bisa klik 'Forget email'. Masukkan nomor telepon yang terhubung dengan alamat email tersebut atau masukkan alamat email alternatif.

Masukkan nama pertama dan nama terakhir di kolom yang tersedia lalu klik Send untuk menerima kode verifikasi di alamat email alternatif. Masukkan kode verifikasi yang diterima lalu klik Next.

Kalau lupa password, kalian cukup reset password akun Google dengan klik Forgot password. Setelah itu Google akan meminta kalian mengisi password baru yang bisa kalian gunakan untuk login ke akun Gmail.

6. Hapus cache

Cache di browser bisa jadi salah satu penyebab kenapa login Gmail bermasalah. Untuk mengatasinya, kalian bisa menghapus cache dan cookies di browser atau aplikasi Gmail.

Cara hapus cache dan cookie di browser Google Chrome mudah saja yaitu buka menu titik tiga di sudut kanan atas > Settings > Privacy and Security > Clear browsing data > klik 'cached images and files' > klik Clear data untuk menghapusnya.

Sedangkan untuk aplikasi Gmail di Android caranya buka aplikasi Settings > Apps & notifications > cari Gmail di daftar aplikasi > Storage & cache > Clear cache.

7. Matikan extension

Jika masalah pada Gmail hanya muncul di web browser tertentu, ada kemungkinan isu itu disebabkan oleh extension atau plug-in yang bertentangan dengan Gmail.

Cara mengatasinya adalah dengan mematikan semua extension di browser. Untuk Google Chrome caranya buka menu titik tiga di sudut kanan atas > Settings > klik menu hamburger dan pilih Extensions > Matikan semua extensions dengan klik toggle berwarna biru sampai berubah menjadi abu-abu.



Simak Video "Kominfo Disebut Bisa Intip Obrolan WhatsApp-Gmail Lewat Aturan PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT