Penting! 3 Cara Jitu Temukan Kamera Tersembunyi di Hotel

Penting! 3 Cara Jitu Temukan Kamera Tersembunyi di Hotel

ADVERTISEMENT

Penting! 3 Cara Jitu Temukan Kamera Tersembunyi di Hotel

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 28 Jun 2022 12:13 WIB
Kamera Tersembunyi Tak Terduga
Ilustrasi kamera tersembunyi di dalam steker listrik. Foto: Bored Panda
Jakarta -

Tak sedikit orang yang takut akan adanya kamera tersembunyi di kamar hotel atau penginapan. Di Amerika Serikat, survei pada tahun 2019 menyebut 60% responden takut ada kamera tersembunyi di persewaan Airbnb.

Bahkan 11% dari penyewa rumah liburan di sana menyebut menemukan kamera tersembunyi saat mereka menginap. Nah untuk mengantisipasinya, berikut beberapa kiat jitu deteksi kamera tersembunyi seperti dikutip detikINET dari CNBC, Selasa (28/6/2022):

1. Melakukan pencarian intensif

Tidak ada salahnya mencari terlebih dahulu kalau-kalau ada kamera tersembunyi di penginapan. Area kamar tidur dan kamar mandi perlu diteliti. Kamera tersembunyi mungkin disamarkan di jam dinding, lampu sampai pengukur suhu.

"Lihatlah jika ada yang tampaknya tidak biasa, kemudian periksalah lebih dekat," kata Kenneth Bombace, CEO Global Threat Solutions.

Kebanyakan kamera juga terkoneksi dengan sumber listrik atau perangkat elektronik. Dia mengatakan hal pertama yang dilakukannya di kamar hotel adalah mencabut kabel jam radio dan meletakkannya di lemari kamar hotel.

"Juga, jika Anda memakai senter dan mengarahkannya ke sesuatu yang mungkin dipakai menyembunyikan kamera, Anda akan melihat pantulannya, yang merupakan cara bagus untuk deteksi kamera tersembunyi jika memang ada," imbuh Michael O'Rourke dari Advanced Operational Concept.

Halaman selanjutnya, meneliti jaringan WiFi >>>

2. Meneliti jaringan WiFi

Kamera tersembunyi biasanya terkoneksi dengan jaringan WiFi lokal agar bisa dilihat dari jarak jauh. Aplikasi scan WiFi seperti Fing bisa mengidentifikasi perangkat kamera yang ada di jaringan.

Mereka yang menyembunyikan kamera mungkin memakai jaringan WiFi lain, tapi aplikasi itu juga bisa mendeteksi seberapa banyak jaringan WiFi lokal. Namun memang cara ini mungkin tidak mendeteksi apa-apa.

Seorang pakar sekuriti menyarankan untuk melacak perangkat yang memancarkan jaringannya sendiri. Aplikasi seperti WiGLE bisa menemukan perangkat yang memancarkan nama jaringan WiFi atau bluetooth, yang bisa jadi adalah kamera tersembunyi.

3. Membeli perangkat pendeteksi kamera tersembunyi

Perangkat pendeteksi kamera tersembunyi bisa melacak frekuensi radio yang terkoneksi dengan kamera tersembunyi dan bisa dibeli online. Namun kelemahannya, metode ini hanya bisa berjalan jika kamera tersembunyi mentransmisikan data.

Padahal, banyak kamera tersembunyi memakai penyimpanan kartu SD yang lebih sulit dideteksi. Kemudian juga perlu dicatat bahwa perangkat deteksi kamera tersembunyi berfungsi sesuai harganya.

"Seperti benda lain, Anda mendapat apa yang Anda bayar. Jika harganya USD 30, mungkin tidak begitu bagus. Yang lebih baik harganya ratusan dolar dan bahkan di atas USD 1.000," kata Bombace.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT