Tips Trading Aset Kripto Saat Pasar Sedang Merah

Tips Trading Aset Kripto Saat Pasar Sedang Merah

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 16 Mei 2022 09:00 WIB
Ilustrasi Jual Beli Kripto
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Menjelang pertengahan tahun 2022 pasar aset kripto tengah memerah. Apakah perlu setop atau lanjut berinvestasi di kondisi pasar yang cenderung menurun seperti sekarang ini?

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan para investor aset kripto tidak perlu merasa khawatir karena market yang sedang menurun atau biasa disebut sebagai market bearish. Karena keadaan seperti itu tidak selamanya selalu buruk.

Penurunan harga kripto pada dasarnya terjadi karena aksi jual yang terjadi lebih banyak daripada aksi beli oleh para investor sehingga penawaran yang ada di pasar lebih banyak daripada permintaannya. Namun, aksi jual besar besaran ini tentu terjadi akibat sentimen negatif yang terjadi belakangan ini.

"Saya pikir sentimen negatif yang menyebabkan kripto menurun beberapa hari terakhir terjadi karena kebijakan kenaikan suku bunga The Fed. Kebijakan ini bertujuan untuk meredam inflasi di Amerika yang sedang melonjak. Oleh karena itu, tidak heran jika para 'whales' (sebutan untuk investor yang berinvestasi di kripto dalam jumlah besar sehingga dampak nya bisa terasa di pasar) memilih untuk menjual aset kriptonya dan keluar terlebih dahulu," papar Oscar.

Melihat pasar kripto yang sedang menurun cukup signifikan, Oscar menilai bahwa investor cenderung menunggu sehingga pergerakan dari pasar kripto sendiri condong bergerak lambat untuk bullish kembali. Dia memberikan tips trading yang bisa digunakan ketika menghadapi market yang sedang bearish.

Pertama money management. Ini hal yang sangat penting baik itu ketika kondisi market sedang bearish ataupun bullish, trading kripto atau apapun,

"Jika seorang investor memiliki money management yang baik, maka bagaimanapun kondisi market tidak akan terlalu berpengaruh terhadap dirinya. Bahkan, jika seseorang memiliki money management buruk, ketika market sedang hijau sekalipun dia tidak akan menuai profit. Maka, seseorang perlu memiliki money management yang baik sehingga bisa paham kapan waktu kembali masuk ke pasar sesuai dengan budget dan rencana investasi yang sudah dibuat," kata Oscar.



Simak Video "Harapan CEO IDM Co-op Terakit Regulasi Hukum Khusus Kripto"
[Gambas:Video 20detik]