Cara Pakai Google Maps Offline untuk Arus Balik Mudik Lebaran

Cara Pakai Google Maps Offline untuk Arus Balik Mudik Lebaran

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 06 Mei 2022 15:03 WIB
This is a homemade, invalid qr code.
Cara Pakai Google Maps Offline untuk Arus Balik Mudik Lebaran; Foto: Getty Images/iStockphoto/manfeiyang
Jakarta -

Google Maps tampaknya sudah menjadi teman perjalanan bagi banyak orang, terlebih saat mudik dan arus mudik seperti saat ini. Nah, ini ada tips mudah bagi kalian, khususnya pemudik, memanfaatkan layanan Google Maps secara online.

Pada umumnya, Google Maps digunakan secara online sehingga bisa sekaligus memantau kondisi jalan secara real-time. Akan tetapi, di daerah yang susah sinyal, akan khawatir jadinya jika maps mendadak tidak bisa dibuka.

Karena itu, detikINET membagikan cara memakai Google Maps offline atau tidak pakai internet untuk Anda semua yang sedang balik mudik. Hati-hati di jalan, dan selamat sampai tujuan.

Cara memakai Google Maps offline

  1. Buka Google Maps, klik tombol akun foto profil atau inisial Anda di kolom search paling kanan, di samping mikrofon
  2. Dari menu yang muncul, piilih offline maps (peta offline), lalu pilih lokasi yang ingin di-download. Makin luas area yang dipilih, maka akan makin banyak data yang akan diunduh
  3. Google Maps akan mengunduh peta sesuai area yang dipilih itu. Untuk menghemat data, bisa men-downloadnya dengan menggunakan WiFi.

Anda bisa mendapatkan petunjuk arah saat offline, namun tidak dengan petunjuk arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Anda tidak akan mendapatkan informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur.

Kemudian jika mudik sudah selesai dan data Google Maps offline dirasa terlalu besar, Anda bisa langsung menghapusnya. Caranya begini:

  • Buka Google Maps, klik tombol akun foto profil atau inisial Anda di kolom search paling kanan, di samping mikrofon.
  • Pilih menu offline maps (peta offline)
  • Ketuk peta yang ingin Anda hapus.

[Gambas:Youtube]

(ask/agt)