Tips Foto Lebaran yang Bagus Pakai Handphone, Coba Yuk!

Tips Foto Lebaran yang Bagus Pakai Handphone, Coba Yuk!

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 04 Mei 2022 14:00 WIB
ilustrasi smartphone
Tips Foto Lebaran yang Bagus Menggunakan Handphone, Coba Yuk! (Foto: Unspslah)
Jakarta -

Kegiatan berkumpul bersama dengan saudara dan keluarga saat lebaran, menjadi momen indah yang wajib diabadikan. Salah satu caranya dengan menyimpan kenangan tersebut dalam bentuk foto, terutama di masa sekarang dengan handphone.

detikINET mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, Rabu (4/5/2022), sebagai tips agar pengguna bisa menghasilkan jepretan bagus hanya menggunakan handphone. Meskipun bukan cara pasti, setidaknya bisa menjadi acuan.

Berikut tips foto lebaran yang bagus menggunakan ponsel. Jangan lupa bagikan informasi sederhana ini kepada saudara dan keluarga ya, detikers.

Tips Foto Lebaran yang Bagus

Meskipun hanya mengandalkan kekuatan dari perangkat genggam ini, kendati begitu, ia memiliki banyak keuntungan. Selain ukurannya yang enak digenggam, karena tidak sebesar kamera mirrorless dan DSLR, masih ada hal bermanfaat lainnya.

Mulai dari memiliki bobot ringan, daya tempur memotret mumpuni, mudah dibawa ke mana-mana dan kemudahan akses ketika ingin membagikannya ke media sosial. Sehingga bisa langsung memilih foto mana yang ingin digunakan, baik upload di Instagram atau story WhatsApp.

1. Perhatikan Rule of Thirds

Rule of Thirds merupakan panduan umum, yang bisa diikuti detikers, agar posisi foto bisa terlihat proposional. Dengan menampilkan grid, maka layar smartphone akan terbagi menjadi sembilan segmen berbentuk persegi panjang.

Untuk bisa mengaktifkannya, bisa menuju menu setting di handphone masing-masing. Kemudian cukup aktifkan bagian Grid and Guide atau garis kisi.

2. Cari Posisi Stabil

Setelah berhasil mengaktifkan Grid, tips foto lebaran yang bagus berikutnya, yakni memperhatikan posisi. Pastikan kamera handphone tidak bergerak ketika akan memotret.

Untuk memudahkannya, bisa menggunakan alat bantu bernama tripod. Di mana fungsinya, agar membuat perangkat genggam ini, tidak goyang saat melakukan jepretan. Dengan memadukannya menggunakan fitur timer.

3. Atur Cahaya

Ketika mengarahkan kamera ke objek, tentukan apa bagian yang ingin lebih ditampakkan. Setelah itu atur cahaya sesuai keinginan.

Bila latar tempat yang menjadi background terlalu terang, pastikan untuk mengurangi sedikit cahayanya. Jika terlihat redup, maka cukup menambah kanya saja.

Ini bisa dilakukan, menggunakan fitur yang tampak di layar. Biasanya digambarkan dengan sebuah lingkaran, dengan garis-garis mengelilinginya.

4. Gunakan Mode HDR

Tips foto lebaran yang bagus selanjutnya, dengan mengaktifkan mode auto High Dynamic Range (HDR). Biasanya setiap smartphone sudah memiliki fitur ini.

Hal tersebut berguna untuk memberikan kombinasi cahaya yang lebih baik. Karena bagian gelap dan terang, akan terlihat seimbang.

5. Mode Brust

Terakhir memanfaatkan mode Brust. Dengan memberdayakan keunggulannya, detikers bisa mengambil gambar, lebih dari satu dalam satu waktu, tanpa menekan tombol foto berkali-kali.

Caranya pun sangat mudah, di mana tersedia langsung di bagian layar smartphone ketika sudah masuk kamera. Lalu cukup menekan tombol shutter lebih lama sesuai kebutuhan.

Nantinya secara otomatis, kalian bisa mendapatkan lebih dari satu foto. Langkah akhirnya, cukup memilih yang terbagus.

Itu dia tips foto lebaran yang bagus. Sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Simak Video "52 Ponsel Ini Tidak Bisa Gunakan WhatsApp Dengan Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)