Tips Hemat Baterai HP Android dan iPhone untuk Perjalanan Mudik - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Tips Hemat Baterai HP Android dan iPhone untuk Perjalanan Mudik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 25 Apr 2022 19:45 WIB

4. Pakai Wallpaper Hitam

Ini khusus ponsel dengan layar AMOLED. Ya, layar AMOLED akan benar-benar mematikan pixelnya saat menampilkan warna hitam (hitam, ya, bukan abu-abu atau warna gelap lain). Jadi, semakin banyak bagian layar yang berwarna hitam, maka akan semakin irit pula konsumsi dayanya.

5. Matikan Notifikasi dan Auto Sync

Cara mematikan auto sync untuk Android adalah masuk ke Settings - Accounts lalu matikan opsi Auto sync data. Lalu cara termudah untuk mematikan notifikasi adalah mengaktifkan mode Do Not Disturb.

6. Kurangi waktu penguncian layar

Untuk anda yang terbiasa menggunakan penguncian layar otomatis dengan durasi agak lama (misal 2 menit ke atas), mungkin akan lebih baik untuk menurunkan pengaturannya menjadi, misalnya 15 detik, saat mudik. Tujuannya tentu untuk mengirit konsumsi daya, karena layar akan lebih cepat mati saat sedang tak dipakai.

7. Matikan Getaran

Untuk membuat smartphone kalian bergetar ketika mendapat notifikasi ternyata membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Hal ini karena perangkat kalian harus menggerakkan motor khusus untuk membuat smartphone bergetar. Jadi sangat disarankan untuk menonaktifkan getaran jika ingin menghemat baterai.

(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT