Mudah Loh! Cara Hitung Rumus Penjumlahan Excel

Mudah Loh! Cara Hitung Rumus Penjumlahan Excel

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 17:50 WIB
ilustrasi komputer
Mudah Loh! Cara Hitung Rumus Penjumlahan Excel (Foto: unsplash)
Jakarta -

Tahukah detikers? bahwa cara hitung rumus penjumlahan Excel itu sangat mudah. Setidaknya ada dua trik yang bisa dilakukan. Lantas apa saja?

Bila kalian termasuk pengguna Microsoft Office, pasti tahu betul bahwa Excel memiliki beragam rumus yang ditanamkan di dalamnya. Mulai dari melakukan perkalian, pengurangan atau cara hitung rumus rata-rata dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, di sini tidak akan membahas satu-satu dari hal tersebut. Karena fokus kali ini, mengetahui cara hitung rumus penjumlahan Excel. Mari simak penjelasan sederhana dan singkat berikut.

Cara Hitung Rumus Penjumlahan Excel

Untuk cara hitung rumus penjumlahan Excel sendiri, setidaknya ada dua opsi yang bisa dilakukan. Berdasarkan pengalaman detikINET mencobanya, detikers bisa memanfaatkan + dan SUM, sebagai upaya mendapatkan hasil akhir dari kumpulan angka yang tersedia.

1. Cara Hitung Rumus Penjumlahan Excel dengan SUM

  • Masuk ke Microsoft Excel, bisa mencarinya di tools pencarian Windows.
  • Masuk dan pilih Blank Workbook, bila ingin pilih file kosong atau bisa pilih data yang sudah ada.
  • Bila menggunakan data sebelumnya, maka ketika file dibuka, akan terlihat deretan angka yang sudah mengisi ROW (sebuah baris di bagian worksheet yang melintang horizontal dari kanan hingga kiri, ditandai angka 1,2,3 dan seterusnya) atau COLUMN (kebalikan dari ROW yang ditandai oleh A,B,C dan seterusnya).
  • Selanjutnya pilih CELL (sebuah tempat pertemuan hasil kombinasi ROW dan COLUMN seperti B6 atau C7), yang berada di bawah atau samping angka terakhir.
  • Tulis rumus =SUM dan klik tab untuk memilihnya.
  • Kemudian drag RANGE (Gabungan atau kumpulan beberapa CELL) yang diinginkan. Contohnya A2:A7. Jadi bentuk lengkapnya =SUM(A2:A7).
  • Enter dan hasil akhir akan keluar.

2. Cara Hitung Rumus Penjumlahan Excel dengan +

  • Ikuti empat langkah awal pada cara hitung rumus penjumlahan Excel dengan SUM.
  • Lalu untuk rumusnya, cukup tulis = yang diikuti oleh CELL dan sisipkan lambang + (plus). Jadi gambarannya seperti ini =A2+A3+A4+A5+A6..... dan seterusnya.
  • Enter dan hasil akhir akan keluar.

Itu dia langkah-langkah sederhana dan singkat, mengenai cara hitung rumus penjumlahan Excel. Semoga bermanfaat detikers.



Simak Video "Internet Explorer Pensiun Setelah 27 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)