Ingat! Ini Cara Hitung Rumus Rata-Rata Excel

Ingat! Ini Cara Hitung Rumus Rata-Rata Excel

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 15:50 WIB
Microsoft Excel
Ingat! Ini Cara Hitung Rumus Rata-Rata Excel (Foto: dok WeAreMarketing)
Jakarta -

Perlu diketahui, tidak semua orang familiar dalam menggunakan Microsoft Office. Mungkin beberapa ada yang menguasainya, tetapi tidak semua jenisnya.

Di antara detikers, bisa saja handal dalam mengoperasikan Word, tapi tidak dengan Power Point. Lalu ahli dalam Outlook, kendati begitu harus bersabar ketika bertemu Microsoft Excel.

Karena Excel sendiri, menjadi perangkat lunak yang memang sengaja dihadirkan, untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan para pengguna. Di mana biasanya, digunakan saat melakukan aktivitas kerja di kantor dan bisnis lainnya.

Di sini, detikers dapat memanfaatkan beragam rumus, yang telah disematkan oleh pengembang. Hal tersebut berguna, dalam kemudahan memberikan hasil atau nilai akhir dari angka dan data kalian.

Nah pada pembahasan kali ini, detikINET akan memberikan salah satu tips, yakni cara hitung rumus rata-rata Excel. Lantas bagaimana triknya? Simak penjelasan singkat berikut.

Cara Hitung Rumus Rata-Rata Excel

Detikers tidak perlu khawatir, karena cara hitung rumus rata-rata excel ini, tidak rumit sama sekali. Lalu sangat berguna, bila ingin memperoleh hasil akhir dari rangkaian angka yang kalian sisipkan.

Sebelum itu, ada istilah yang harus diketahui, yaitu Sintaksis. Di mana merupakan penulisan fungsi di Excel.

Nah, untuk cara hitung rumus rata-rata Excel, di tulis seperti ini: =AVERAGE(Angka1; [Angka2];...). Detailnya di bawah ini.

  • Masuk ke Microsoft Excel, bisa langsung mencarinya di tools pencarian Windows.
  • Masuk dan pilih Blank Workbook, bila ingin pilih file kosong.
  • Masukan rentetan angka ke dalam ROW (sebuah baris di bagian worksheet yang melintang horizontal dari kanan hingga kiri, ditandai angka 1,2,3 dan seterusnya).
  • Setelah itu, pilih salah satu CELL (sebuah tempat pertemuan hasil kombinasi ROW dan COLUMN seperti B6 atau C7).
  • Tulis rumus =AVERAGE dan pilih RANGE (Gabungan atau kumpulan beberapa CELL) yang diinginkan. Contohnya A2:A7. Jadi bentuk lengkapnya =AVERAGE(A2:A7).
  • Enter dan hasil akhir akan keluar.

Kurang lebih, begitu dasar dan langkah sederhana terkait cara hitung rumus rata-rata Excel. Semoga bermanfaat.



Simak Video "FIFA Gunakan Teknologi Semi-otomatis untuk Cek Offside di Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)