4 Cara Mudah Keluar dari Grup WA Tanpa Ketahuan

ADVERTISEMENT

4 Cara Mudah Keluar dari Grup WA Tanpa Ketahuan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 13:15 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Cara Keluar dari Group WA Tanpa Ketahuan, Gampang Banget! Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Aplikasi yang sering digunakan untuk bertukar pesan diduduki WhatsApp. Tak hanya chat personal, WA memungkinkan orang membuat grup WA dengan mudah. Nah, karena kemudahan ini, tanpa sadar grup WhatsApp kita menjadi sangat banyak dan membuat bingung dengan notifikasi yang bikin HP jadi ikutan lemot.

Lalu bagaimana caranya keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan? Dirangkum detikINET dari berbagai sumber, berikut ini cara untuk keluar dari grup WA tanpa takut ketahuan orang lain.

Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan:

1. Ganti nomor

Dengan mengganti nomor telepon, kamu bisa keluar grup WA tanpa disadari oleh anggota group lain. Tapi memang kalau kamu tidak bisa sembarang ganti nomor, cara ini sepertinya kurang cocok, apalagi jika nomor itu sudah lama dipakai.

Kekurangan lainnya, pergantian nomor tentu perlu diberitahukan pada kolega atau orang-orang terdekat. Selain itu, histori percakapan WhatsApp di nomor yang lama berpotensi lenyap.

2. Palsukan saja

Cara leave grup wa tanpa ketahuan ini mirip-mirip cara sebelumnya. Langkah pertama, kamu harus menyiapkan nomor baru sementara. Masuk ke pengaturan di WhatsApp (titik tiga di atas), pilih akun atau account, kemudian sentuh menu ubah nomor. Masukkan deh nomor baru cadangan.

Usai langkah pertama selesai, segera tinggalkan grup yang mau ditinggalkan. Lanjut, pada menu pengaturan HP, pilih aplikasi WhatsApp lalu hapus data dan cache. Akun WhatsApp akan hilang tetapi namamu akan tetap ada di daftar anggota grup. Terakhir, buka aplikasi WhatsApp lalu daftar ulang dengan nomor lama kamu.

Ya, langkah ini cukup rumit dan memerlukan dua nomor WhatsApp. Namun demikian, sepertinya paling ampuh untuk memberi kesan seolah-olah masih berada di suatu grup WA.

3. Hapus nama dan foto profil

Edit nama dan hapus foto pada profil WhatsApp. Meski ada kemungkinan ketahuan, minimal tidak ada notifikasi yang menyebut nama saat kamu keluar. Ini bisa dilakukan ketika group WA sedang ramai-ramainya dengan pembicaraan.

Salah satu cara keluar grup WA tanpa ketahuan orang lain ini, kemungkinan sedikit atau malah tidak ada yang tahu bahwa Anda sudah keluar karena notifikasi yang anggota lain terima adalah tidak menyertakan nama Anda.

4. Bisukan grup WhatsApp selamanya

Cara pamungkas ini merupakan alternatif bagi kalian yang ingin menonaktifkan grup tanpa harus meninggalkan grup. Cara ini boleh jadi menjadi langkah yang paling simpel, lantaran tak perlu harus melakukan ketiga hal di atas.

Jadi, kalian tetap masih menjadi bagian dari grup, tetapi tidak akan lagi menerima pemberitahuan yang mengganggu ketika masuk pesan dalam grup selamanya. Anda juga sesekali masih dapat memantau percakapan di grup tersebut. Untuk melakukannya, tekan tahan grup yang dipilih. Saat muncul pilihan mute notification atau mengaktifkan fitur bisu, pilih opsi 'selalu'.

Lihat juga video saat 'WhatsApp, Facebook dan Instagram Down, Pakar Internet: Pemadaman Global!':

(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT