4 Tips Search Google Biar Kayak Expert

4 Tips Search Google Biar Kayak Expert

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 19 Nov 2021 20:35 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment.
Tips pencarian di Google ini akan memudahkan pengguna. Coba saja sendiri dan mungkin kamu bakal merasa seperti expert saat menggunakannya. Foto: Getty Images/courtneyk
Jakarta -

Tips pencarian di Google ini akan memudahkan pengguna. Coba saja sendiri dan mungkin kamu bakal merasa seperti expert saat menggunakannya.

Melansir Life Hack, coba beberapa trik ini yuk, detikers. Atau ada yang sudah terbiasa menggunakannya dan punya trik lain? Tulis di kolom komentar, ya.

1. Menemukan page yang terhubung ke situs tertentu

Seandainya kamu sedang ingin mencari artikel tentang smartphone terbaru yang diterbitkan detikcom, kamu bisa mengetik ini di search bar Google 'smartphone link:inet.detik.com'. Nantinya, hanya akan ada halaman dari detikINET yang bisa kamu temukan.

2. Mencari situs yang mirip

Katakanlah detikcom adalah situs favorit kamu. Kamu bisa mencari situs yang mirip dengan detikcom. Caranya simpel, cukup search 'related:detik.com'.

3. Cari multiple words pada saat bersamaan

Caranya dengan memasukkan satu kata/kalimat disertai kata/kalimat selanjutnya. Contoh: 'chocolate OR white chocolate'. Hasil pencarian akan menunjukkan dua hal tersebut bersamaan.

4. Shortcut Google

Ada beberapa contoh komando yang bisa dituliskan di Google:

Weather *kode pos* > hasilnya menunjukkan prakiraan cuaca di area yang dicari
Difine: *word* > ini akan membantu menjelaskan makna dari 'word'
Time *tempat* > pencarian akan menampilkan waktu di tempat tersebut



Simak Video "Corona hingga Omnibus Law Masuk Jajaran Trending Google 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)