Cara Memburamkan Rumah di Google Street View Demi Privasi

Cara Memburamkan Rumah di Google Street View Demi Privasi

Tim - detikInet
Selasa, 26 Okt 2021 12:45 WIB
Google Street View
Cara Memburamkan Rumah di Google Street View Demi Privasi Foto: Getty Images/iStockphoto/Pavliha
Jakarta -

Belum lama ini seorang warga Tangerang memprotes Google karena tidak ingin rumahnya dipotret dan terlihat di Google Street View. Karena privasi dan berbagai alasan lainnya, rumah yang sudah ditampilkan di Google Street View bisa disembunyikan atau di-blur dengan mudah.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007, Google Street View memang dianggap sebagai sesuatu yang kontroversial. Layanan ini bisa digunakan untuk menjelajahi tempat lain secara virtual dengan mudah, tapi juga memiliki risiko privasi yang cukup besar.

Pada tahun 2008, wilayah North Oaks di Minnesota, Amerika Serikat memutuskan tidak ingin melihat foto daerahnya di layanan Google. Mereka menganggap Google masuk ke daerahnya tanpa izin, dan akhirnya foto-foto yang diambil langsung dihapus.

Google Street View memang memiliki teknologi yang bisa memburamkan wajah dan plat nomor kendaraan secara otomatis. Tapi untuk memburamkan rumah atau apartemen di Google Street View masih membutuhkan proses manual.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin rumahnya tidak terlihat di Google Street View. Misalnya menghindari penguntit, tidak ingin orang asing mengintip isi rumah, atau hanya sekedar melindungi privasi.

Apapun alasannya, berikut ini cara menyembunyikan rumah di Google Street View, seperti dikutip dari Mashable, Selasa (26/10/2021).

  • Buka Google Maps dan masukkan alamat rumah kalian.
  • Masuk ke mode Street View dengan cara klik ikon manusia berwarna kuning yang ada di sudut kanan bawah layar, dan tarik ikon itu ke jalan yang ada di depan rumah kalian di peta.
  • - Setelah menemukan rumah kalian di Street View, klik 'Report a Problem' yang ada di sudut kanan bawah layar.
  • - Kalian akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk menandai rumah kalian menggunakan kotak berwarna merah. Pastikan hanya rumah kalian yang masuk ke dalam kotak tersebut.
  • - Di bawahnya Google menanyakan apa alasan kalian memburamkan foto tersebut. Karena tujuannya untuk mengaburkan foto rumah, pilih opsi 'My Home'.
  • - Isi kolom yang ada untuk menjelaskan lebih lanjut mengapa kalian ingin memburamkan foto itu.
  • - Masukkan alamat email kalian, dan klik 'Submit' untuk mendaftarkan permintaannya ke Google.

Setelah mendaftarkan permintaan untuk memburamkan foto rumah ke Google, kalian akan mendapatkan email yang menjelaskan kalau Google sedang meninjau foto yang dilaporkan dan akan mengabari kembali lewat email jika permintaannya sudah diselesaikan.

Kemungkinan Google akan meminta penjelasan lebih lanjut lewat email, dan meminta kalian untuk lebih spesifik tentang area yang ingin diburamkan. Kalau begitu, kalian harus mengulangi semua prosesnya dari awal lagi dan sebisa mungkin jelaskan area spesifik yang ingin diburamkan.

Perlu dicatat bahwa foto rumah yang sudah diburamkan di Street View tidak bisa dikembalikan seperti semula alias sudah permanen. Jadi pastikan kalian benar-benar yakin sebelum meminta Google untuk menyembunyikan foto rumah kalian di Street View, dan jangan buramkan rumah orang sembarangan untuk prank.



Simak Video "Cara Temukan Tempat Vaksinasi Covid-19 di Google Maps!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)