3 Tips Simpel Membuat Medsos Jadi Tidak Toxic

3 Tips Simpel Membuat Medsos Jadi Tidak Toxic

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 28 Okt 2021 20:30 WIB
Dissatisfied gloomy female model looking at smartphone while browsing social media or texting sms and being disappointed, standing over blue background. Woman trying to call but there is no signal
3 Tips Simpel Membuat Medsos Jadi Tidak Toxic (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Media sosial kadang bisa toxic dan membuat kesehatan mental juga jadi taruhannya. Namun sebenarnya ada yang bisa dilakukan untuk menjaga diri kita sendiri dan membuat waktu kita di media sosial lebih menyenangkan. Salah satu opsinya adalah menghapus akun media sosial kita sama sekali.

Melansir Science Alert, Kamis (28/10/2021) angka menunjukkan hampir setengah dari pengguna Facebook di Inggris dan AS mempertimbangkan untuk meninggalkan platform itu pada tahun 2020.

Tetapi zaman sekarang tanpa media sosial nampaknya susah, itu berarti kita menjauh dari platform yang menghubungkan hampir setengah dari populasi dunia. Apalagi pandemi menjadikan kita jadi lebih terbatas untuk interaksi tatap muka secara langsung.

Berikut ini adalah tips yang diberikan oleh para psikolog profesional:

1.Berhati-hatilah dengan apa yang kamu konsumsi di media sosial

Jika kamu masuk untuk terhubung dengan orang lain, fokuslah pada berita dan foto pribadi yang dibagikan daripada berita utama terbaru. Terkadang, ada beberapa akun yang membahas segala sesuatu lebih berat di situasi sekarang. Hindari, pilih yang ringan-ringan saja.

2. Carilah konten yang membuatmu bahagia

Untuk menyeimbangkan umpan berita yang kamu dapatkan selama berkelana di dalam platform medsos, kamu bisa mengikuti atau melihat akun yang menyajikan gambar anak kucing yang lucu, pemandangan yang indah, video makanan yang bikin ngiler atau lainnya. Kamu juga dapat mengikuti akun media sosial yang didedikasikan memang hanya untuk berbagi berita bahagia dan positif.

3. Gunakan media sosial untuk mempromosikan hal positif dan kebaikan

Berbagi postingan atau hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kamu sendiri dapat meningkatkan suasana hatimu, dan suasana hati positif kamu dapat menyebar ke orang lain. Kamu mungkin juga bisa memuji orang lain di media sosial. Meskipun ini mungkin terdengar canggung, orang tersebut bisa jadi akan lebih menghargai pujian tersebut lebih dari yang kamu pikirkan.



Simak Video "Agar Akun Tidak Diambil Alih, Perhatikan Modus dan Tipsnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)